Kapolda Lutfi Jamin Pilkada Serentak di Jateng Aman

Kapolda Lutfi Jamin Pilkada Serentak di Jateng Aman

PENJELASAN. Kapolda Jawa Tengah Jateng Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi memberikan penjelasan kepada awak media usai acara 3 Pilar, di Gedung AH Nasution, Selasa, 11 Juni 2024.-Istimewa-Magelang Ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Polda Jawa Tengah mengumpulkan perangkat se Kota dan Kabupaten Magelang, di Gedung AH Nasution, Selasa, 11 Juni 2024.

Mereka terdiri dari perangkat tingkat kecamatan, kelurahan, desa, Kapolsek, Danramil, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi menjamin keamanan pelaksanaan pilkada atau pemilihan gubernur, walikota dan bupati yang berlangsung serentak di 35 kabupaten di Jawa Tengah.

"Pilkada akan serentak dilakukan di awal Agustus mendatang di 35 kota dan kabupaten. Polda Jawa Tengah akan melakukan jaminan keamanan bagi masyarakat yang melakukan pemilu bupati, walikota dan gubernur," kata Kapolda usai memberikan Apel Tiga Pilar.

BACA JUGA:Kapolda Ahmad Luthfi Bertemu Gus Yusuf di Magelang, Tekankan Situasi Kondusif Jelang Pilkada

Dikatakan Lutfi, pihaknya akan melakukan basis deteksi dini pengampunan kecil yaitu di tingkat desa itu bisa mengamankan desanya sendiri.

"Maka di tingkat desa aman, kecamatan aman, kabupaten aman, provinsi juga aman. Kita bergerak bersama-sama dalam rangka gelaran Pilkada di masa akan datang," terang Kapolda.

Luthfi menjelaskan, terkait kegiatan Apel 3 Pilar ini dalam rangka untuk mempersiapkan Operasi Mantap Praja yang akan dilaksanakan pada awal bulan Agustus 2024 secara serentak di seluruh 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Hal ini diharapkan agar semua desa bisa mengamankan kegiatan Pemilukada agar aman hingga tingkat kecamatan, kabupaten/kota hingga tingkat provinsi.

"Kita bergerak bersama-sama dalam rangka menciptakan rasa aman pada gelaran pilkada yang akan datang," ujar Irjen Ahmad Luthfi.

BACA JUGA:dr Aziz Ingin Maju Pilkada Lagi, Sejumlah Parpol Beri Sinyal Hijau

Sementara, Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto menyebutkan, apel 3 pilar diikuti oleh unsur TNI, Polri dan pemerintah daerah yang menunjukkan kedekatan antar aparat negara baik secara emosional, akan tetapi juga mengukuhkan persatuan dan kesatuan dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Di samping itu, apel 3 pilar ini dilaksanakan dalam rangka menjalin sinergitas dalam menyongsong dan mewujudkan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati supaya dapat berjalan dengan aman, damai dan kondusif.

"Kami mengajak kepada TNI, Polri dan Pemerintah Daerah serta seluruh elemen masyarakat untuk bersatu padu guna mendukung suksesnya penyelenggaraan baik pemilihan gubernur, pemilihan bupati atau pemilihan walikota. Marilah kita jaga persatuan dan kesatuan, hindari tindakan yang dapat menimbulkan provokasi, fitnah dan ujaran kebencian karena dapat mengganggu kelancaran Pilkada tersebut," ajak Sepyo Achanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres