Program Desa BRILiaN Kembangkan Area Dusun Sabin Megulungkidul Purworejo

Program Desa BRILiaN Kembangkan Area Dusun Sabin Megulungkidul Purworejo

PERESMIAN DUSUN SABIN. Prosesi peresmian Area Dusun Sabin yang dikelola Bumdes Megulungkidul, Kecamatan Pituruh ditandai dengan pemotongan pita oleh Pemimpin Cabang Kantor BRI Kutoarjo, Ardika Prasetyo.-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES -  Komitmen untuk memajukan desa melalui program Desa BRILiaN ditunjukkan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). Salah satu desa yang mendapat manfaat besar dari program tersebut adalah Desa Megulungkidul Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo.

Desa tersebut kini berhasil mendapat predikat desa maju, dan memiliki Badan Usaha Milik Deda (Bumdes) dengan jenis usaha yang cukup komplit.

Pada Rabu (12/6), juga telah diresmikan Area Dusun Sabin Bumdes Megulungkidul. Di area tersebut tersedia sejumlah fasilitas diantaranya rumah makan, coffeshop, joglo mart, Agen Brilink dan taman anggur.

BACA JUGA:Kades di Purworejo Meninggal Usai Pengukuhan, Ahli Waris Diberi Santunan

Area tersebut merupakan implementasi dari program BRI Peduli TJSL Pengembangan Desa BRILiaN.

Hadir dalam acara peresmian Pemimpin Cabang Kantor BRI Kutoarjo, Ardika Prasetyo, Camat Pituruh, Hartono, Kepala Desa Megulungkidul, Malik Khairul Anam, serta tamu undangan lainnya.

"Untuk di Purworejo baru Desa Megulungkidul, mendapatkan juara, mendapat juara ketiga pada Nugraha Karya Desa BRILiaN tahun 2022," kata Ardika usai peresmian.

Hadiah dari program tersebut, lanjutnya, adalah bentuk dukungan sarana dan prasarana, dan pendampingan penuh dari BRI. Desa Megulungkidul sendiri, memang masuk dalam cakupan wilayah BRI Kutoarjo.

"Seperti yang diresmikan saat ini, bentuknya berupa pembangunan senilai Rp1 miliar. Selain ini tahun lalu kita juga memberikan beasiswa ke anak-anak pelaku UMKM di Desa Megulungkidul, nilainya sekitar Rp 200 juta," kata Ardika.

BACA JUGA:SDN 2 Donorejo Purworejo Ambrol, DPRD Bakal Panggil Pihak Terkait

Desa Megulungkidul berhasil menjadi juara 3 secara nasional tentunya karena memiliki inovasi untuk mengembangkan desanya.

"Misalnya di bidang wisata, jasa, perdagangan juga bisa, yang penting desa melalui kepala desa menunjukkan perkembangan dan inovasi desa. Itu dikompetisikan secara nasional.Juara 3 itu dari ribuan desa se-Indonesia. Penyelenggaraan Desa Brilian upaya kami sebagai BUMN, tidak hanya perusahaan yang mencari keuntungan, tetapi juga ada sosial value, tujuan sosial. Hari ini adalah bentuk mewujudkan tujuan sosial kami, ini program tahunan mulai 2020, dan terus berjalan, ini kita kerjasamakan dengan Kemendes. Bentuknya banyak, tidak hanya pemberian hadiah tetapi juga pemberdayaan dan ada puncaknya yaitu panganugerahan, dan megulungkidul tahun 2022 jadi juara 3," papar Ardika.

Sebagai bentuk apresiasi, kata Ardika, pihaknya memberikan pendampingan penuh terhadap desa yang punya inovasi dan semangat untuk maju.

"BRI memberikan percontohan, bagi desa lainnya, kerja keras dari kades telah berdiri inovasi ini, kami dari BRI turut bangga dan memberikan apresiasi, kami titip, dusun sabin ini terus maju, apalagi akan ada pengembangan lanjutan kedepan, dan BRI siap memberikan pendampingan penuh, tidak hanya desa tetapi masyarakat di megulung, pituruh, serta masyarakat secara umum. Kami mengajak desa lain untuk ikut mendaftar, karena desa brilian ini dibuka setiap tahun, syaratnya mudah, pertama harus punya produk unggulan, lalu punya bumdes, dan punya rekening bri," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres