DPMPTSP Jateng Paparkan Pentingnya LKPM bagi Pelaku Usaha

DPMPTSP Jateng Paparkan Pentingnya LKPM bagi Pelaku Usaha

BIMTEK. Kepala Dinas Penanaman Modal, Umi Haniyati Chauliyanah saat membuka acara Bimtek LKPM, kemarin di Hotel Artos.-Heni Agusningtiyas-Magelang Ekspres

MAGELANG,MAGELANG EKSPRES - Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) ini sangat penting untuk memantau eksistensi suatu Perusahaan.

Menurut Rutty Yosika, DPMPTSP Provinsi Jawa Tengah sebagai Penata Kelola Penanaman Modal Ahli Muda LKPM bagi pelaku usaha bermanfaat sebagai sarana untuk menyampaikan laporan realisasi investasi dan sebagai sarana komunikasi antara pemerintah dengan pelaku usaha.

"Manfaatnya untuk pemerintah adalah sebagai salah satu alat pengendalian, sebagai sumber informasi bagi penetapan kebijakan dan penghitungan pertumbuhan realisasi investasi di suatu daerah," jelas Rutty dalam paparannya saat menjadi narasumber bimbingan teknis/sosialisasi LKPM di Grand Artos Hotel & Convention, Rabu (3/7) lalu yang diadakan DPMPTSP Kabupaten Magelang.

BACA JUGA:Jelang Pilkada, Disdukcapil Kabupaten Magelang Melakukan Perekaman E-KTP bagi Pemula

Kepala DPMPTSP Kabupaten Magelang Umi Haniyati Chauliyanah menyampaikan bimbingan teknis ini merupakan salah satu wujud untuk pembangunan di Kabupaten Magelang dimana pembangunan sangat diperlukan oleh setiap daerah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakatnya.

"Pemerintah Kabupaten Magelang menyadari bahwa peran swasta melalui kegiatan investasi khususnya sektor perindustrian sangat besar," kata Umi Haniyati Chauliyanah.

Kemudahan yang telah diberikan melalui mekanisme penyederhanaan perizinan berusaha saat ini tentu harus diikuti kepatuhan para pelaku usaha dalam memenuhi kewajiban-kewajibannya.

Salah satu instrumen yang digunakan oleh pemerintah untuk memantau dan mengawasi pelaksanaan penanaman modal di suatu daerah adalah melalui LKPM.

BACA JUGA:Istri Minta Cerai, Dicekik hingga Tewas Lalu Dibuang ke Waduk Wadaslintang Wonosobo

Sementara itu, Rida Purwanto, Kepala Bidang Bidang 4 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Magelang menyampaikan terkait LKPM dan benefit-nya. Pelaku usaha di Kabupaten Magelang sangat bervariasi sektor usahanya karena letaknya yang strategis.

Sehingga muncul banyak peluang pengembangan seperti peningkatan wisata, kolaborasi dan kemitraan, adopsi teknologi serta penerapan teknologi baru untuk meningkatkan produktivitas.

Widyan Bayu Setiyono dari BPJS Ketenagakerjaan menyampaikan pentingnya program BPJS Ketenagakerjaan. (hen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres