Tim Gabungan Tertibkan PKL dan Parkir Liar di Kompleks Pasar Kliwon Temanggung

Tim Gabungan Tertibkan PKL dan Parkir Liar di Kompleks Pasar Kliwon Temanggung

ANGKUT. Petugas gabungan mengangkut barang-barang milik PKL yang melanggar sat penertiban dilakukan di pasar Kliwon RejoAmertani Temanggung, Rabu 17 Juli 2024.-Setyo Wuwuh-Magelang Ekspres

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES - Tim gabungan Dinas Perhubungan, Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan serta Satlantas Polres Temanggung melakukan penertiban pedagang kaki lima (PKL) dan parkir liar di Pasar Kliwon Rejo Amertani Temanggung, Rabu 17 Juli 2024.

Kepala Dinkopdag Temanggung, Entargo Yutri Wardono mengatakan, penertiban dilakukan pada pedagang yang melanggar aturan, seperti berjualan di sepanjang trotoar dan jalan yang ada di Pasar Kliwon Rejo Amertani Temanggung.

Terutama katanya, PKL yang berjualan pada pagi, karena sebenaranya pasar pagi di Pasar Kliwon Rejo Amertani Temanggung ini dimulai jam 03.00 sampai dengan 07.00 WIB, namun pada kenyataanya banyak pedagang yang melanggar aturan tersebut.

BACA JUGA:262 Rumah Milik Warga Kurang Mampu di Temanggung Diperbaiki, Anggaran Rp5,2 Miliar

"Aturannya sudah ada, dan seharusnya jam tujuh pagi sudah harus bersih, tapi banyak PKL yang mengindahkan peraturan ini," terangnya.

Sehingga kata Entargo, PKL yang berjualan di trotar dan jalan yang berada di sekitar Pasar Kliwon Rejo Amertani Temanggung menganggu pengunjung pasar.

"Fasilitas umum yang sedianya untuk pengunjung digunakan untuk berdagang, ini sangat menganggu, kami tertibkan sesuai dengan aturan yang berlaku," tegasnya.

Ia mengatakan, dengan langkah penertiban seperti ini PKL yang berjaja tidak pada tempatnya bisa kembali berjualan di los maupun kios yang sudah ada, sehingga pasar bisa menjadi lebih tertib.

"Rencananya akan dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan," katanya.

BACA JUGA:Janjian Ngamar Hotel di Temanggung dengan Janda, Seorang Warga Bandongan Malah Diperas

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Temanggung Supriyanto menambahkan, penertiban juga dilakukan untuk parkir-parkir yang tidak sesuai dengan titik parkir yang ada. Parkir harus lebih tertib dan rapi, sehingga pengunjung bisa lebih nyaman dan aman saat berkunjung ke pasar.

"Di pasar sudah ada titik-titik parkir resmi, akan kami tertibkan kembali," katanya.

Menurutnya, penertiban parkir ini sebagai salah satu tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya yakni lounching  tim koordinasi pengelolaan parkir di seluruh wilayah Kabupaten Temanggung.

"Sepanjang Jalan S parman bisa lebih tertib. Parkir di titik liar tidak ada lagi. Pedagang di jalan juga tidak ada lagi kegiatan ini akan dilakukan secara terus menerus dan pemantauan bertahap," katanya.(set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres