Targetkan KLA Utama, Walikota Magelang Minta Institusi Pendidikan Harus Bebas Perundungan

Targetkan KLA Utama, Walikota Magelang Minta Institusi Pendidikan Harus Bebas Perundungan

Walikota Magelang, Muchamad Nur Aziz-Haryas Prabawanti-Magelang Ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES- Walikota Magelang, Muchamad Nur Aziz menegaskan, institusi pendidikan di Kota Magelang harus bebas dari perundungan.

"Targetnya 0 kasus dan Kota Magelang diharapkan bisa menjadi Kota Layak Anak (KLA) Utama," kata Aziz saat ditemui Magelang Ekspres, Selasa, 23 Juli 2024.

Sebagai informasi, saat ini, Kota Magelang masih menjadi KLA Tingkat Nindya. Hal itu dilakukan Aziz agar Kota Magelang menjadi lingkungan yang sehat dan ideal bagi pertumbuhan setiap anak.

Oleh karena itu, ia mendukung penuh setiap upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pendidikan dan perkembangan bakat dengan menggandeng berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) dan organisasi anak.

BACA JUGA:Rayakan Hari Anak Nasional, Walikota Magelang Pastikan Seluruh Anak Mendapat Pendidikan Layak

Senada dengan Aziz, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Tengah, Retno Sudewi menyebut, ada 4 hak anak yang wajib dipenuhi dan diupayakan oleh semua pihak termasuk pemerintah.

4 hak anak yang dimaksud yakni kelangsungan hidup, hak perlindungan, hak tumbuh kembang, dan hak partisipasi.

"Hampir seluruhnya sudah dipenuhi oleh Kota Magelang, jadi targetnya tahun depan bisa menjadi KLA Tingkat Utama," tuturnya.

Guna mendukung program Pemkot Magelang, Ketua Forum Anak Kota Magelang Bocah Asli Magelang (Obama) Raynajwa Salma Amalia Rizqunaorum mengatakan anak Kota Magelang sudah melakukan berbagai upaya.

"Aksi nyata yang kami lakukan yakni sosialisasi anti perundungan ke beberapa sekolah di Kota Magelang bersama teman-teman Obama," katanya.

BACA JUGA:Dinas Pendidikan Kota Magelang Bakal Uji Coba Sistem Sekolah Lima Hari

Selain itu, lanjut Ray, korban perundungan yang melapor ke Forum Anak Kota Magelang Obama, juga kami sarankan untuk ke psikolog agar tidak berlarut dan memberi trauma mendalam.

"Kami juga dibantu dinas terkait seperti Dinas  Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Kota Magelang," imbuhnya.

Ray menyebut, saat peringatan  Hari Anak Nasional, Obama sudah optimis bersama Pemkot Magelang bisa mewujudkan Kota Magelang menjadi KLA Utama yang 0 kasus bullying. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres