Puncak HUT ke-199 Wonosobo, Ada Boneka Lengger Raksasa Diarak

Puncak HUT ke-199 Wonosobo, Ada Boneka Lengger Raksasa Diarak

KOLOSA. Penampilan kolosal 462 penari bersama dengan arak arakan boneka raksasa setinggi 3 meter di Alun-alun Wonosobo.-Agus Supriyadi-Magelang Ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Pemkab Wonosobo, Jawa Tengah menggelar upacara peringatan HUT ke 199 Kabupaten Wonosobo tahun 2024 di Alun-alun setempat, Rabu 24 Juli 2024.

Prosesi pisowanan agung tersebut berlangsung khidmat dan menyedot animo masyarakat.

Ada yang berbeda dalam peringatan hari jadi tahun ini, yaitu penampilan kolosal 462 penari bersama dengan arak arakan boneka raksasa setinggi 3 meter di Alun- alun Wonosobo.

BACA JUGA:Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Pemkab Wonosobo Capai 79,5 Persen

Prosesi HUT diawali dengan Bedhol Kedaton dari Plobangan Selomerto, Topi Biso, Birat Sengkolo dan Pisowanan Agung.

Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat mengatakan bahwa peringatan HUT Wonosobo ini untuk memperkuat jati diri masyarakat Wonosobo yang memiliki sejarah perjuangan dan tradisi yang kuat.

"Peringatan ini bagian dari penguatan terhadap sikap cinta tanah air dan juga menjaga budaya warisan nenek moyang," ujarnya.

Menurutnya, spirit dari nilai nilai yang ditanamkan oleh para pendahulu Kabupaten Wonosobo harus mampu ditangkap dan dijadikan dasar untukembangun Wonosobo yang lebih baik lagi.

BACA JUGA:Ziarah Makam Kiai Asmorosufi, Keturunan Brawijaya V yang Membumikan Islam di Kaki Sindoro Sumbing

"Maka kita sejak awal berkomitmen bawah acara peringatan HUT Wonosobo harus meriah dan menjadi milik seluruh lapisan masyarakat," tandasnya.

Sejumlah acara yang cukup monumental seperti pentas seni dan juga arak arakan boneka lengger raksasa untuk memperkuat citra diri kabupaten pegunungan ini.

"Kita punya lengger, cukur gembel, dan juga tradisi kuat yang sudah melekat di masyarakat, itu kita tampilkan," pungkasnya. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres