Tari Dolalak Massal di Purworejo Tandai Terbentuknya Forum Anak Pituruh

Tari Dolalak Massal di Purworejo Tandai Terbentuknya Forum Anak Pituruh

DOLALAK MASSAL. Tari Dolalak massal yang disajikan oleh 160 siswa dari SD se-Wilcambidik Pituruh memeriahkan Festival Peringatan Hari Anak kawasan Kantor Kecamatan Pituruh.-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES- Tari Dolalak massal yang disajikan oleh 160 siswa dari Sekolah Dasar Negeri (SDN) se-Wilcambidik Pituruh memeriahkan Festival Peringatan Hari Anak yang digelar oleh Pemerintah Kecamatan Pituruh bekerja sama dengan Bumdesma Gempita Jaya LKD, Rabu (24).

Pagelaran yang berlangsung di  kawasan Kantor Kecamatan Pituruh tersebut sekaligus menandai diluncurkannya Forum Anak Pituruh.

Penampilan para penari Dolalak cilik menarik perhatian masyarakat berbagai kalangan dan usia yang memadati seputar lokasi pentas.

BACA JUGA:Sungguh Keren! Fashion Show Ecoprint di Ketep Pass Magelang Berlatar Indahnya Langit Merapi

Hadirnya Dolalak juga menunjukkan eksistensi seni tradisional asli Purworejo tersebut sebagai warisan budaya tak benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI sejak 18 Oktober 2019.

Festival Hari Anak Nasional dibuka oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kabupaten Purworejo, Agus Ari Setiadi. Selama acara, Dindukcapil memberikan pelayanan pencatatan Kartu Identitas Anak.

Sejumlah stakeholder lain turut terlibat, seperti UPPD mengoptimalkan Pajak Daerah PBB dan Pajak Kendaraan, Satlantas Polres Purworejo memberikan pelayanan perpanjangan SIM, Puskesmas Pituruh dan Puskesmas Karanggetas memberikan pelayanan Pos Pembinaan Terpadu, Bundesma Gempita Jaya LKD yang mengoptimalkan produk lokal melalui UMKM.

Ada pula senam massal dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pituruh dalam agenda menyosialisasikan agenda Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

BACA JUGA:Pemkab Purworejo Bangun Jembatan Sungai Lereng, Buka Akses Wilayah Selatan

Camat Pituruh Hartono, berharap kegiatan di Kecamatan Pituruh serupa dapat terus diinisasi oleh anak sebagai generasi penerus sehingga anak selalu bahagia, jauh dari tindakan perundungan sebagai perwujudan Kecamatan Pituruh yang ramah anak.

Dengan berkolaborasi dari berbagai stakeholder salah satunya dari Wilcambidik Pituruh.

“Muncul dari (Kecamatan) Pituruh anak-anak yang benar-benar berkualitas anak-anak yang nanti menuju generasi emas tahun 2045 sehingga nanti sebagai regenerasi, sehingga anak-anak Pituruh dapat bangkit menyongsong (hal tersebut),” kata Hartono.

Forum Anak Kabupaten Purworejo ikut hadir dalam acara tersebut. Galuh Intan memberikan apresiasi betul kepada Forum Anak Pituruh yang telah diresmikan semoga Kecamatan lain ikut menyusul adanya Forum Anak di tingkat Kecamatan masing-masing.

“Keren sekali dengan adanya tari dolalak masal, apalagi yang menari adik-adik yang lucu dan gemas” ujar Galuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres