Donor 100 Kali, 12 Warga Purworejo Dapat Penghargaan Presiden

Donor 100 Kali, 12 Warga Purworejo Dapat Penghargaan Presiden

PENDONOR 100 KALI. PMI Purworejo melepas 12 pendonor darah sukarela calon penerima penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial serta meluncurkan meluncurkan dua layanan baru donor darah di Ruang Arahiwang.-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES - Sebanyak 12 orang pendonor darah sukarela yang sudah berdonor 100 kali atau lebih bakal menerima Penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial dari Presiden Republik Indonesia.

Seharusnya mereka menerima penghargaan pada periode tahun 2019 dan 2020, tetapi tertunda akibat pandemi Covid-19 lalu.

Pelepasan Donor Darah Sukarela 100 Kali Penerima Satya Lencana Kebaktian Sosial dilakukan oleh Bupati Purworejo yang juga Ketua PMI Kabupaten Purworejo, Hj Yuli Hastuti SH, di Ruang Arahiwang pada Kamis (1/8).

BACA JUGA:HUT 78, Persit Purworejo Gelar Donor Darah

Dalam kesempatan itu, Yuli Hastuti juga meluncurkan dua layanan baru PMI Purworejo, yakni Permintaan Darah Secara Online dan Pendaftaran Mandiri Donor Darah.

Wakil Ketua PMI Purworejo, drg H Ernawan Cahyo Winardi MM, menyebut bahwa penyerahan Satya Lencana Kebaktian Sosial baru kali ini diadakan sejak masa pandemi Covid-19. Ada sebanyak 12 orang pendonor 100 kali pada tahun 2019 dan 2020, sedangkan pada tahun 2021 hingga 2023 terdapat 11 orang pendonor.

“Untuk tahun ini yang akan menerima penghargaan baru yang periode 2019 dan 2020, sedangkan yang tahun 2021 hingga 2023 dijadwalkan akan menerima penghargaan tahun depan karena banyaknya yang akan diberi penghargaan,” sebutnya.

Dijelaskan, dari 12 pendonor calon penerima penghargaan tahun ini, dua orang di antaranya telah meninggal dunia karena faktor usia sehingga akan diwakili oleh keluarganya. Keduanya yakni H Wasis Suhartono (Alm) dan Purwono (Alm).

BACA JUGA:Aksi Donor Darah Awali Rangkaian Perayaan HUT ke-11 Atria Hotel Magelang

“Rencana akan berangkat tanggal 4 Agustus 2024 dan nanti penerimaan penghargaannya tanggal 5 di Jakarta,” jelasnya.

Lebih lanjut Ernawan menyampaikan bahwa dua inovasi layanan yang diluncurkan telah siap diterapkan dan diuji coba.

Pertama, sistem pelayanan order online untuk permintaan darah dari rumah sakit ke PMI yang akan mempermudah dan mempercepat distribusi darah ke rumah sakit yang membutuhkannya.

Kedua, pelayanan pendaftaran donor darah secara mandiri melalui sistem internet, maupun HP sistem Android, yang memberikan kemudahan dan aksesibilitas bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan donor darah.

BACA JUGA:Sambut HUT Humas Polri, Polresta Magelang Gelar Donor Darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres