Kota Magelang Terima Penghargaan dari Universitas Indonesia

Kota Magelang Terima Penghargaan dari Universitas Indonesia

Pemkot Magelang meraih penghargaan UI GreenCityMetric 2024 dari Universitas Indonesia (UI).-DOKUMEN-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES — Kota Magelang dianggap berhasil membuat upaya peningkatan pembangunan berkelanjutan. Berkat keberhasilan itu, Pemkot Magelang meraih penghargaan UI GreenCityMetric 2024 dari Universitas Indonesia (UI).

Kota Magelang mendapatkan predikat Kota Peningkatan Keberlanjutan Terbaik UI GreenCityMetric Ranking Tahun 2024.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Magelang, Makhmud Yunus, mewakili Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz di Balai Sidang UI, Depok, Kamis, 8 Agustus 2024.

BACA JUGA:Kurangi Angka Pengangguran, Pemkot Magelang Rekrut 1.733 Pekerja Lewat Program Padat Karya

Sebelumnya, UI GreenCityMetric menilai 20 kabupaten dan 44 kota dari 23 provinsi di Indonesia, dengan 12 kabupaten/kota baru bergabung dalam pemeringkatan pada tahun ini.

Setidaknya ada enam kategori penilaian pada UI GreenCityMetric, yakni Penataan Ruang dan Infrastruktur (SI), Energi dan Perubahan Iklim (EC), dan Tata Kelola Sampah dan Limbah (WS).

Kemudian Tata Kelola Air (WR), Akses dan Mobilitas (TR), dan Tata Pamong/Governance (GV), dengan total 71 indikator evaluasi.

BACA JUGA:Usai Hiatus, Renjun NCT Dream Siap Ambil Bagian dari Lagu Terbaru Grubnya!

Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Universitas Indonesia, drg Nurtami, mengungkapkan bahwa tujuan dari pemeringkatan ini adalah untuk menilai transformasi kota dan kabupaten di Indonesia terkait dengan aspek keberlanjutan.

"Pembangunan yang mengabaikan prinsip keberlanjutan dapat menimbulkan dampak buruk, seperti peningkatan suhu global dan pencemaran lingkungan," kata drg Nurtami.

UI GreenCityMetric, yang diluncurkan pada tahun 2022, bertujuan untuk mendorong pemerintah daerah dalam melakukan transformasi menuju kota yang berkelanjutan.

BACA JUGA:Kades Muntung Temanggung Diduga Korupsi Rp295 Juta, Kini Ditahan

Caranya bisa melalui penggunaan metrik yang dapat diukur, serta menyediakan platform untuk berbagi pengalaman di antara pemerintah kabupaten dan kota.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Magelang, Makhmud Yunus, menyampaikan bahwa Kota Magelang telah berpartisipasi dalam GreenCityMetric sejak tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres