7 Tips Ikut Open Trip Pendakian Gunung! Sebelum Berangkat Perhatiin Dulu Hal Ini

7 Tips Ikut Open Trip Pendakian Gunung! Sebelum Berangkat Perhatiin Dulu Hal Ini

Tips Ikut Open Trip Pendakian Gunung-@rfaradillaha-Instagram

MAGELANGEKSPRES -- Jasa Open Trip dapat menjadi alternatif yang baik terutama bila belum pernah mendaki gunung tertentu sebelumnya.

Pasalnya dengan Open Trip seseorang akan mendapati berbagai fasilitas pendukung seperti jasa Tour Guide hingga perlengkapan pendakian lainnya.

Namun sebelum memutuskan untuk melakukan pendakian dengan jasa ini berikut hal penting yang perlu untuk diketahui dilansir melalui akun Tiktok @FurkySyahroni.

BACA JUGA:9 Daftar Gunung di Wonosobo Ini Salah Satunya Bisa Trekking 10 Menit!

1. Perhatikan Jumlah Peserta

Sebelum mendaki gunung dengan jasa tersebut ada baiknya bila mengetahui terlebih dahulu jumlah dari pendaki yang akan mengikuti sesi ini.

Tidak sedikit dari netizen yang menyarankan agar setidaknya terdapat 10 pendaki saja dalam satu sesinya demi kenyamanan pendaki itu sendiri atau lebih terpantau oleh guidenya.

2. Tanyakan Rasio Peserta per-Guide

Tidak jauh dari bahasan sebelumnya bahwa tujuan dari mengetahui rasio peserta adalah agar para pendaki dapat lebih terpantau dan tidak dilepas oleh guide.

Sebab tidak sedikit yang mengeluhkan pelayanan yang kurang bila mengikuti Open Trip akibat satu guide yang terlalu banyak mengakomodir pendaki.

BACA JUGA:7 Tips Mendaki yang Aman yang Sering Diabaikan Pendaki Pemula!

3. Tanyakan Jarak dan Waktu Pendakian

Tips mendaki ini bertujuan untuk mengukur kekuatan fisik setiap pendaki.

Seperti dengan mengetahui jarak dan waktu tempuh antara Gunung Merbabu via Selo yaitu 5,6 Km selama 6-7 jam sedangkan via Suwanting 6,45 Km selama 8-10 jam membantu pendaki untuk menilai kapasitas dirinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: