SMKN 3 Magelang Gelar Workshop Persiapan PBL dengan SMK Jejaring

SMKN 3 Magelang Gelar Workshop Persiapan PBL dengan SMK Jejaring

TEFA. Kegiatan TeFa kepada 5 SMK di Kota dan Kabupaten Magelang di ruang meeting lantai 2 Eduhotel Citra SMK Negeri 3 Magelang, Rabu (4/3/2024). -dokumen smkn 3 magelang-Magelang Ekspres

MAGELANG UTARA, MAGELANGEKSPRES.COM - SMK Negeri 3 Magelang menggelar pengimbasan Teaching Factory (TeFa) kepada 5 SMK di Kota dan Kabupaten Magelang. Ini merupakan bagian dari upaya memperkuat pendidikan vokasi di wilayah tersebut.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Wilayah VIII, Dr Maryanto, M.Sc berlangsung di ruang meeting lantai 2 Eduhotel Citra SMK Negeri 3 Magelang, Rabu (4/3/2024).

Dr Maryanto menyampaikan, pentingnya kolaborasi antara dunia pendidikan dan industri untuk mencetak lulusan SMK yang kompeten dan siap bersaing di dunia kerja.

BACA JUGA:SMKN 3 Magelang Punya Ruang Praktik Program Keahlian Broadcasting dan Perfilman, Educitra Cinemax

“Semua SMK dan industri harus mampu bersinergi demi menciptakan sumber daya manusia yang berkompeten dan siap menghadapi persaingan dunia kerja yang semakin ketat," ujar Maryanto.

Kegiatan juga menghadirkan narasumber dari Kemdikbudristek, Laila Natasyaliyah, yang memberikan pemaparan mengenai kebijakan terbaru terkait Teaching Factory.

Laila Natasyaliyah menekankan peran penting program pengimbasan ini dalam menyebarkan praktik terbaik ke seluruh SMK jejaring yang terlibat.

Sementara itu Kepala SMK N 3 Magelang Mila Yustiana, S Pd, MMPar mengatakan, bahwa kegiatan ini diharapkan menjadi tonggak penting dalam peningkatan kualitas pendidikan vokasi di Magelang.

BACA JUGA:Hebat! Siswi SMKN 3 Magelang Raih Best Original Fashion Design Competition IFP 2024

"Kegiatan ini adalah bagian dari komitmen kami bersama antara SMK dan industri untuk meningkatkan kualitas siswa dan sekolah, sehingga lebih siap menghadapi tantangan dan perubahan teknologi di masa depan," ungkapnya.

Mila menambahkan, program ini merupakan upaya untuk meningkatkan daya saing lulusan SMK di dunia kerja sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh industri.

Hadir dalam kegiatan tersebut, 5 Kepala SMK jejaring, yaitu SMK Pius X Kota Magelang, SMK Ma'arif Kota Magelang, SMK Ma'arif Kab.Magelang, SMK Muhammadiyah Ngadirejo, SMK HKTI Temanggung.

Selain itu, turut hadir wakil kepala sekolah pengimbas dan jejaring, kepala program, guru kejuruan, guru umum, serta perwakilan Dunia Industri seperti Auly Bakery Magelang, Crisantium Butik Magelang, Owner D&J Cookies Magelang, Owner Asterani Bridal Magelang, Plataran Resort & Spa Hotel Borobudur.

Pada kesempatan itu pula hadir Ibu Luh Nusari, MPd sebagai narasumber penyusunan rencana pembelajaran PBL.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres