Dosen STMIK Bina Patria dan UNS Berikan Pendampingan IT Pelatih Renang

Dosen STMIK Bina Patria dan UNS Berikan Pendampingan IT Pelatih Renang

FOTO BERSAMA. Pemateri besama pelatih dan asisten pelatih mengabadikan momen kebersamaan usai belajar penerapan teknologi beberapa waktu lalu.-HENI AGUSNINGTYAS-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM - Dosen STMIK Bina Patria dan UNS Berikan Pendampingan bagi para pelatih dan asisten pelatih melalui analisa IT olahraga di Kota Magelang.

Meski Kota Magelang merupakan kota kecil, tapi memiliki beberapa Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta.

Sayangnya, beberapa perguruan tinggi tersebut belum memilik memiliki program studi olah raga, sehingga para pelatih maupun asisten pelatih renang di Kota Magelang tidak memiliki pedamping untuk belajar tentang penerapan teknologi di bidang olahraga.

BACA JUGA:Percepatan IKM Tim Dosen STMIK Bina Patria BINA dan Untidar Berkolaborasi Dampingi Sekolah

Oleh karena itu, STMIK Bina Patria bekerja sama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan kegiatan Pengabdian masyarakat bersama.

Pengabdian tersebut mengangkat tema Peningkatan Kapasitas Teknologi Informasi Bagi Pelatih dan Asisten Renang Untuk Pembinaan Prestasi Renang di Federasi Akuatik Indonesia Kota Magelang yang diadakan awal September 2024 lalu di Kolam Renang TKL Ecopark.

Dr Rony Syaifullah dari UNS memberikan presentasi tentang Motivasi dalam Meningkatkan Prestasi Olahraga seperti faktor kunci dalam mencapai prestasi.

BACA JUGA:Lomba Voli Tingkat Pelajar Kota Magelang, Tingkatkan Pembinaan Olahraga Sejak Dini

Selain itu, cara meningkatkan motivasi dalam olahraga, mengatasi hambatan dalam meningkatkan prestasi dan motivasi diri untuk terus berjuang meraih prestasi.

Sedangkan M Lutfi MA ST MKom dari  STMIK Bina Patria memberikan Presentasi tentang Peran Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Prestasi Atlit dengan memaparkan aplikasi yang bisa digunakan dalam olah raga renang seperti : Swimplan, Swim IO, Swim4Gold, GoSwim, MySwimPro, MySwimfit, SWUM (Swimming Human Simulation Model).

Kegiatan dipandu Kanafi MKom dan sekaligus menutup dengan doa.

Lutfi dosen dari STMIK Bina Patria menjelaskan pendampingan tersebut dalam rangka meningkatkan kapasitas IT mitra pelatih dan asisten pelatih renang untuk pembinaan prestasi atlet renang Kota Magelang.

BACA JUGA:Predikat Gold Berhasil Diraih Smartfren Bina UMKM Awards 2024 Lewat Program Teman UMKM

“Diperlukan pelatihan dan pendampingan para pelatih renang untuk menggunakan Metodologi Komputasi Dinamika fluida (Computational Fluid Dynamics) dan software Simulasi Renang Swumsuit (SWimming hUman Model with Synthetic User Interface Tools) dalam program pelatihan sehingga akan lebih maju dan produktif," jelas Lutfi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres