Merubah Stigma Terkait Disabilitas di Masyarakat, Forkes Untidar Gelar Festival Kesetaraan

Merubah Stigma Terkait Disabilitas di Masyarakat, Forkes Untidar Gelar Festival Kesetaraan

Tour Pameran Festival Kesetaraan-Hendri Saputra-Magelang Ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Forum Kesetaraan Universitas Tidar menggelar Festival Kesetaraan di Loka Budaya, Kota Magelang.

Acara ini dilaksanakan selamat 3 hari yaitu dari 27 September hingga 29 September 2024.

Winda selaku ketua panitia menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini ingin merubah stigma di dalam masyarakat terkait temen-temen disabilitas.

"Kami ingin memperlihatkan bahwa temen-temen disabilitas itu sama seperti kita, mereka mempunyai potensi yang sama dan keistimewaan yang luar biasa," terang Winda.

Acara ini resmi dibuka pada 27 september 2024 yang dihadiri oleh Pj Walikota Magelang, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, DPM4KB, forum inklusi disabilitas Kabupaten Magelang dan Komunitas Batik Disabilitas Kota Magelang.

Winda menerangkan bahwa acar pembukaan  juga dimeriahkan oleh Tari Gambyong dari SLB.

"Kemudian ada tour pameran, karya pameran dari kontes batik karya volunter, produk umkm dan karya dari anak-anak SLB B dan C Kota Magelang," imbuhnya.

Winda menegaskan bahwa disabilitas itu sama seperti kita, walaupun sering dipandang sebelah mata, mereka bisa buktiin bahwa keadaan bukan suatu penghalang untuk mereka, hak dan potensi yang sama.

Winda berharap dengan adanya kegiatan ini bisa merubah sudut pandang masyarakat terhadap disabilitas.

"Seperti didunia pekerjaan temen-temen disabilitas masih dianggap sebelah mata, peluang kerja masih belum banyak untuk teman-teman disabilitas, padahal mereka punya potensi dan hak yang sama seperti kita," ungkap Winda.

"Juga untuk teman-teman disabilitas jangan pernah berkecil hati atau insecure, kita sama dan kita mempunyai kesempatan, hak dan  potensi yang sama," tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: