Program Siamor dan Antar Sakit Jemput Sehat, Komitmen Dokter Aziz Tingkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat

Program Siamor dan Antar Sakit Jemput Sehat, Komitmen Dokter Aziz Tingkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat

LANSIA. Calon walikota Dokter Aziz saat mengunjungi lansia di Cacaban-Haryas Prabawanti-Magelang Ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM - Para lansia di kawasan Cacaban, Magelang Tengah bersyukur dan berterimakasih karena adanya layanan Siaga Among Raga (Siamor) dan Antar Sakit Jemput Sehat yang pernah diluncurkan Dokter Muchamad Nur Aziz.

Sebagai informasi, Siamor adalah layanan jemput bola bagi lansia dan disabilitas dengan imobilitas yang ada di wilayah Kota Magelang sesuai jadwal kontrol rutin secara gratis.

Program tersebut diluncurkan Aziz bersama kantor Pemkot Magelang, Jumat pada 2021.

BACA JUGA:Si Keris Kujang Inovasi Magelang Tengah Wujudkan Transparansi Pengelolaan Keuangan

"Waktu itu saya terkena komplikasi, ada jantung dan darah tinggi, jadi harus melakukan pengobatan rutin, pernah kambuh dan yang menggunakan layanan Siamor," kata Lasmi (60) saat ditemui Magelang Ekspres, Rabu 3 Oktober 2024.

Nenek 3 orang cucu yang sehari-hari bekerja sebagai penjual tempe itu menuturkan, awalnya sempat pesimis dengan kesehatannya jika harus melakukan kontrol lantaran takut biayanya mahal.

"Diberitahu RT dan orang-orang sekitar, kami dibantu, dan ternyata memang gratis," ujar Lasmi.

Bahkan sampai sekarang, penyakit Lasmi juga berangsur berkurang dan masih mendapat layanan posyandu lansia.

BACA JUGA:Tim PKM-K Untidar Ciptakan Inovasi Produk Usaha Redamen Jadi Pengharum Ruangan Alami

"Ada cek kesehatan rutin juga namanya posyandu lansia, diberi vitamin, jadi meskipun gratis, pelayanannya tidak asal," bebernya.

Terkait hal tersebut, Dokter Aziz menjelaskan, Siaga Among Raga adalah upaya mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Sebab, menurut Aziz, kesehatan adalah sektor prioritas dalam pembangunan Indonesia pada umumnya, dan di Kota Magelang khususnya.

“Derajat kesehatan yang optimal sebagaimana diamanatkan undang-undang, pelayanan kesehatan terbaik harus bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat,” kata Aziz. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres