Gelar Undian Berhadiah Rp200 Juta, Bank Magelang Terus Tumbuh Positif

Jumat 22-07-2022,10:00 WIB
Reporter : wiwid Arif
Editor : Nur Imron Rosadi

KOTA MAGELANG – Hampir Rp500 juta disediakan Perumda BPR Bank Magelang untuk merealisasikan undian berhadiah setiap tahunnya. Pengundian yang diikuti seluruh nasabah itu dilakukan setiap satu semester atau dua kali dalam setahun.

Pada pengundian hadiah semester pertama periode Juli di tahun 2022, perusahaan plat merah sektor perbankan itu menyediakan puluhan hadiah dengan nilai total mencapai Rp250 juta.

Satu unit Daihatsu Ayla menjadi hadiah utama yang masih konsisten disediakan. Disusul dengan hadiah utama dan hiburan lain seperti sepeda motor, sepeda gunung, televisi, kulkas, mesin cuci, sampai tabungan senilai Rp2,5 juta.

Untuk memanjakan para pemenangnya, BPR Bank Magelang konsiten menanggung pajak hadiah pemenang. Tak tanggung-tanggung, pajak mencapai 25 persen dari total hadiah yang disediakan. Jika total hadiah senilai Rp200 juta pada setiap kali pengundian, maka besaran pajak yang ditanggung Bank Magelang mencapai Rp50 juta.

Direktur Utama Perumda BPR Bank Magelang, Hery Nurjianto mengatakan, undian berhadiah ini sebagai wujud apresiasi kepada para nasabah. Selain itu juga sebagai media promosi masyarakat menabung di Bank Magelang.

Pada kesempatan itu, Hery juga menyampaikan pergerakan kinerja keuangan Juni 2021 sampai dengan Juni 2022. Disebutkan semua komponen tumbuh positif, seperti aset naik 7,2 persen dari Rp222 miliar pada tahun 2021 menjadi Rp238 miliar pada tahun 2022. Lalu, angka kredit naik 6,3 persen dari Rp173 miliar tahun 2021 menjadi Rp184 miliar di tahun 2022.

Demikian halnya dengan jumlah tabungan yang konsisten meningkat 10 persen dari Rp80 miliar menjadi Rp88 miliar pada tahun 2022. Kemudian deposito naik 8 persen dari Rp96 miliar menjadi Rp104 miliar di tahun 2022.
“Kami juga belum lama ini meluncurkan mobil kas keliling. Tujuannya melayani masyarakat baik setor tabungan maupun kredit. Termasuk melayani tabungan simpanan pelajar di sekolah-sekolah,” paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang Joko Budiyono mengatakan, pemerintah mengapresiasi kepada Bank Magelang yang telah memberikan hadiah undian ini. Program tersebut menjadi bentuk apresiasi kepada para nasabah.

“Dengan undian berhadiah ini diharapkan loyalitas nasabah meningkat, sekaligus menarik antusias masyarakat untuk menggunakan jasa Bank Magelang. Kami juga apresiasi kepada Bank Magelang yang telah memajukan Kota Magelang melalui sektor perbankan,” ujarnya.

Dia menilai, Bank Magelang sudah menunjukkan kinerja yang baik selama ini. Sebagai badan usaha milik daerah (BUMD), Bank Magelang telah memberi kontribusi yang besar yang muaranya dapat turut menyejahterakan masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Kami minta Bank Magelang dapat dikelola profesional, karena penting dalam mengisi pos pendapatan daerah (PAD). Terus bekerja profesional dan tetap sehat dalam rangka meningkatkan PAD yang ujungnya kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Di sisi lain, Joko juga berpesan agar pengelola semakin selektif memberikan kredit kepada nasabah. Utamanya kredit skala besar agar tidak merugikan.
“Harus hati-hati dalam memberikan kredit agar tidak macet. Jangan mudah memberikan kredit, harus diteliti dengan cermat, jangan sampai kreditnya macet. Ini juga merupakan pesan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam rangka mencegah terjadinya kredit macet,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, Joko juga menyambut baik program dari OJK bernama Kejar (Satu Rekening Satu Pelajar) yang sasarannya adalah simpanan pelajar (Simpel). Ia pun akan berkoordinasi dengan dinas terkait agar dapat mendukung percepatan program ini.“Harapannya semua pelajar di Kota Magelang memiliki tabungan di bank, terutama di Bank Magelang,” imbuhnya.
Hadiah utama satu unit mobil Ayla jatuh kepada nasabah Muhammad Raffa Abinoyo dari Kelurahan Wates, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang.

Secara simbolis hadiah utama diserahkan Sekda Kota Magelang, Joko Budiyono kepada Dirut Perumda BPR Bank Magelang, Hery Nurjianto. (wid)

Kategori :