28 Kegiatan Bakal Meriahkan HUT Temanggung ke-188, Satu Bulan Penuh

Rabu 12-10-2022,06:00 WIB
Reporter : Setyo Wuwuh
Editor : Nur Imron Rosadi

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Kurang lebih dalam waktu satu bulan ke depan Pemerintah Kabupaten Temanggung akan memperingati hari ulang tahun (HUT) Temanggung ke-188. DPRD meminta agar HUT dilaksanakan dengan kegiatan yang sederhana.

"Sebentar lagi Kabupaten Temanggung akan memperingati hari jadi, dan ini  sudah menjadi agenda tahunan," kata Anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP) DPRD Temanggung Rahmad Fauzi, kemarin.

Ia mengatakan, pihaknya memberi masukan kepada Pemerintah Kabupaten Temanggung, agar peringatan HUT Temanggung ke-188 dilaksanakan dengan kegiatan yang sederhana saja.

Sebab katanya, saat ini situasi ekonomi sedang tidak menentu, ditambah dengan adanya kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Sehingga berdampak pada penghasilan masyarakat.

"Harapan kami dalam pelaksaannya nanti bisa dilakukan dengan kegiatan yang sederhana namun kaya makna," pintanya.

Menurutnya, permintaan ini sudah disampaikan saat rapat paripurna beberapa waktu lalu, peringatan HUT Temanggung bisa menjadi momen berarti bagi masyarakat dengan kegiatan-kegiatan yang lebih bermakna.

Pihaknya juga berharap, rencana untuk mendatangkan artis ibu kota dan sebagainya harus dikaji ulang, dan akan lebih baik memanfaatkan potensi artis atau seniman lokal dalam rangka pemberdayaan.

"Temanggung juga banyak seniman yang berbakat dan mempunyai nama besar, sebaiknya lebih memanfaatkan budaya dan seniman lokal saja," pesannya.

Bupati Temanggung M Al Khadziq mengatakan, masukan seperti ini sangat dibutuhkan oleh Pemerintah Kabupaten Temanggung, sehingga pelaksanaan HUT Temanggung bisa benar-benar dirasakan dan bermanfaat bagi masyarakat.

Ia mengatakan, tageline HUT Temanggung tahun ini "Tumbuh Berkembang Makin Matang". Hari Jadi Temanggung 10 November 2022 tersebut akan dimeriahkan oleh 28 kegiatan dalam satu bulan.

Sehingga hampir setiap hari ada kegiatan, baik kegiatan diskusi, sarasehan, doa bersama, sampai ritual, baik itu Grebeg Menoreh, ritual pergantian songsong, upacara puncak HUT Temanggung, sampai pentas seni juga akan dilaksanakan, baik di Temanggung, Parakan, Ngadirejo. Juga ada lomba-lomba kreatif, ada lomba dialog Temanggungan, lomba video, lomba memancing sambil bersih kali, juga ada pula pentas seni dan gerak jalan.

“Kita meriahkan, dengan harapan agar masyarakat semakin mencintai kabupaten kita, semakin dekat dengan pemerintahan kita. Dengan demikian masyarakat akan memiliki rasa tanggung jawab yang lebih untuk memelihara, merawat dan melanjutkan cita-cita para pendiri dan para sesepuh di kabupaten ini,” imbuhnya.

Dalam rangka HUT ke-188 Temanggung, Pemkab Temanggung juga akan memberikan berbagai layanan gratis dan berbagai kemudahan-kemudahan dalam layanan kepada seluruh masyarakat di masing-masing dinas.

Dinas Kesehatan melalui RSUD dan Puskesmas diintruksikan memberikan layanan kesehatan tertentu secara gratis. Kemudian Dinas Dukcapil juga untuk memberikan kemudahan dalam layanan berupa pengiriman gratis dokumen kependudukan bagi yang mengurus dokumen kependudukan selama bulan November. Objek Wisata Pikatan Waterpark pada tanggal 10 November tepat pada HUT Temanggung juga dibuka untuk seluruh masyarakat secara gratis. Lalu OPD lain sesuai tugasnya akan memberikan layanan-layanan yang gratis juga memudahkan seluruh masyarakat.

"Ini bagian dari upaya Pemkab untuk meningkatkan layanan kepada seluruh masyarakat di usianya yang ke-188 dan juga untuk membangkitkan rasa kecintaan dan rasa memiliki seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung terhadap pemerintahan daerah, baik eksekutif, legislatif maupun unsur yudikatif," katanya. (set)

Kategori :