Festival Hari Santri Nasional di Secang Magelang, Cetak Santri Berprestasi

Selasa 18-10-2022,06:00 WIB
Editor : Malik Salman

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID  - Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI), Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Al-Quran (BADKO LPQ), dan Forum Komunikasi Diniyah Ta’miliyah (FKDT) gelar peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2022.

Wujudnya Festival Hari Santri Nasional. Festival diisi lomba antar LPQ dan Madin se-Kecamatan Secang, Minggu (16/10/2022), di Aula Kecamatan Secang Magelang.

Camat Secang Khoirul Anwar, S.STP, MSi memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan lomba. Dinyatakan ajang lomba sebagai sarana mencetak generasi atau santri berprestasi.

Harapannya kedepan dapat muncul bibit-bibit dan yang berprestasi dalam segi agama di kancah kabupaten dan dapat memberikan nama harum bagi Kecamatan Secang.

“Begitu juga apresiasi terhadap para guru di TPQ dan Madin Secang atas dedikasinya mengajar anak-anak mengaji dengan ikhlas,” tandasnya.

Hadir dalam pembukaan tersebut Kapolsek Secang Rinto Sutopo, SH, MH, Danramil 05 Secang Kapten Arm Jumianto, didampingi Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) KUA Kecamatan Secang Huril Aini, S.Hi.

Selain itu hadir juga para penyuluh agama Islam non PNS Ahmad Musyafa, Nurul Yakin, Syamsudin, Supri Riyadi, Muhammad Muaffan, Muhsin Achmad, Subhan Asri, dan Setya Anisa.

Koordinator panitia penyelenggara Huril Aini, S.Hi menyampaikan kegiatan tersebut merupakan pertama dilaksanakan di KUA, Badko TPQ dan Madin. Tujuannya untuk syiar islam dan menumbuhkan semangat fastabiqulkhoirot dan semangat mengaji.

Tema yang diusung “Menggelorakan Kembali Syiar Islam dalam Mengenang Perjuangan Para Santri”. Mata lomba berupa lomba Pildacil (pemilihan Da’i Cilik), Mewarnai, Kaligrafi Islam, Tahfidz/Hafalan juz Amma, Tartil membaca Al Quran, Adzan dan doa setelah adzan.

“Kami sangat bangga ajang lomba ini akan mendapatkan bibit prestasi dari para santri di wilayah Secang. Terbukti antusias, ada 530 peserta yang mengikuti ajang lomba tersebut. Rencana rangkaian kegiatan akan dilanjutkan minggu depan tepatnya hari Minggu tanggal 23 Oktober 2022 dengan acara Kirab atau pawai dengan peserta LPQ dan Madin se-Kecamatan Secang. (rls)

Kategori :