KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID – Tim Reaksi Cepat tidak selalu diterpakan untuk penanganan bencana saja. Seperti di Kota Magelang. Di kota ini, jika warga menemukan jalan rusak, berlubang, atau mengelupas, kini bisa langsung diperbaiki dengan cepat.
Inovasi itu merupakan inisiasi dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Magelang. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bermarkas di Jalan Jenderal Sudirman, Magelang Selatan ini telah membentuk Unit Reaksi Cepat (URC).
“Tim ini adalah tim tanggap dan cepat yang melakukan perbaikan ketika ada laporan kerusakan jalan dari warga,” kata Kepala DPUPR Kota Magelang, Muhammad Syafrudin Kurniawan, saat dihubungi, Minggu, 18 Desember 2022.
Tim cepat tanggap tersebut, kata dia, bertindak secara responsif dan mobile selama 24 jam nonstop. Selain jalan rusak, tim ini juga dapat memperbaiki kerusakan fasilitas umum lainnya.
“URC adalah tumpuan kami dalam mengatasi seluruh keluh kesah masyarakat terkait pembangunan fisik. Masyarakat bisa mengadu kepada kami selama 24 jam,” ujar Wawan sapaan akrabnya.
Dia menambahkan, masyarakat dapat menginformasikan segala kerusakan melalui ponsel pintar. Pesan itu kemudian akan diterima admin dan diteruskan kepada URC untuk segera ditangani.
“Tim kami ada 6 shift, dari pagi hingga pukul 22.00 WIB. Setelah mendapatkan laporan, tim URC akan langsung terjun ke lapangan untuk melakukan perbaikan,” ujarnya.
Wawan menegaskan bahwa pembentukan tim reaksi cepat tersebut dilakukan untuk menambah kenyamaman masyarakat serta mengurangi kerusakan-kerusakan kecil yang bisa saja lebih parah, bila tidak tertangi dengan cepat.
“Kita memang ada pemeliharaan fisik setiap hari, jadi saat ada laporan masuk kita akan segera menindaklanjuti hal tersebut,” tuturnya.
Pihaknya berharap dengan layanan unggulannya itu, URC bisa menjadi sarana yang solutif dalam mengatasi aduan kerusakan fisik di seluruh wilayah Kota Magelang.
“Semoga URC digunakan secara maksimal oleh masyarakat. Jika ada kerja sama dari laporan masyarakat akan lebih memudahkan kita dalam melayani keluh kesah mengenai fasilitas yang ada,” pungkas Wawan. (mg4)