Hukum Menggunakan Jasa Orang Lain Membuat Tugas Sekolah Menurut Islam

Rabu 09-08-2023,15:51 WIB
Editor : Abu Hammam

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.“ [QS: Al Maidah :2]

Dan juga dalam hadist Nabi shallahu alaihi wa sallam,”Dari shāhabat Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, beliau berkata, Rasūlullāh ﷺ bersabda, “Barangsiapa yang menghilangkan dari seorang Muslim penderitaannya dari penderitaan-penderitaan di dunia, maka Allāh akan menghilangkan penderitaannya dari penderitaan-penderitaan hari Kiamat.

BACA JUGA:Tak Harus Menjadi Ustadz, Setiap Muslim Punya Kewajiban Berdakwah

Barangsiapa yang memudahkan bagi orang yang mengalami kesulitan karena terlilit utang, maka Allāh akan memudahkan baginya urusan di dunia dan di akhirat. Barangsiapa yang menutupi aib orang Islam, maka Allāh akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allāh senantiasa menolong hamba tersebut jika seorang hamba menolong saudaranya.” (HR. Muslim)

Hendaklah kita selalu berhati hati di dalam mencari rezeki yang ada dan mencukupkan diri dari apa yang telah di perbolehkan Allah dan RasulNya serta tidak terpancing dengan apa yang syubhat bahkan terlarang.
Allah berfirman, yang artinya :

“Maka mintalah rezeki itu di sisi Allah, dan sembahlah Dia dan bersyukurlah kepadaNya. (QS: Al Ankabut :17)

Semoga Allah Ta'ala senantiasa membimbing kita dengan apa yang Dia ridhoi. (*)

Kategori :