Terbukti Hemat BBM! Inilah 8 Cara Mengendarai Sepeda Motor Agar Irit Bensin

Minggu 03-09-2023,19:48 WIB
Reporter : Farchan Arif Widodo

3. Periksa Tekanan Ban

Cobalah periksa tekanan ban motor kamu saat ini. Pastikan ban memiliki tekanan sesuai rekomendasi dari pabrikan. Ban dengan tekanan yang pas juga mempengaruhi motor kamu irit bensin.

Karena tekanan ban yang kurang akan menyebabkan mesin bekerja lebih keras dan pada akhirnya mengakibatkan peningkatan konsumsi bahan bakar.

4. Jaga Kecepatan Dalam Berkendara

Kebiasaan berkendara dengan cara menggeber-geber gas maupun rem-gas-rem-gas, beresiko tinggi terhadap penggunaan bahan bakar sehingga bensin menjadi boros.

Oleh karena itu, agar pemakaian bensin kamu irit, jaga kecepatan motor agar tetap stabil saat berkendara. selain berhemat, kamu pun akan lebih nyaman dalam berkendara.

5. Jangan Terlalu Membawa Banyak Barang

Membawa beban berat pada motor ketika berkendara juga bisa bikin boros bensin. Karena, mesin harus dipaksa untuk bekerja ekstra untuk membawa muatan.

Jadi mulai sekarang, periksa lagi bagasi motor dan pastikan barang bawaan yang kamu bawa sekiranya yang penting-penting aja.

6. Gunakan Gigi yang Tepat

Apabila kamu menggunakan motor manual, kamu perlu menggunakan gigi yang tepat. Karena, gigi yang lebih tinggi akan menggunakan lebih sedikit bahan bakar ketimbang gigi yang lebih rendah.

BACA JUGA:Alhamdulillah, Setiap Angkot di Kota Magelang Terima Bantuan BBM 40 Liter dan Gratis Oli

7. Hindari Idling atau Berhenti Terlalu Lama

Alangkah baiknya ketika kamu berhenti disuatu tempat, entah itu lampu merah atau pom bensin.

Kamu lebih baik mematikan fitur idling karena akan menggunakan banyak bahan bakar yang menyebabkan BBM cepat terkuras. Coba rasakan bedanya dengan kamu mematikan seluruh mesinnya.

8. Hindari Jalan Rusak

Kategori :