12 Tips Agar Mobil Listrik Hemat Daya, Bisa Meningkatkan Jangkauan Perjalanan

Sabtu 23-09-2023,20:30 WIB
Reporter : Kisna Hesti Ningrum
Editor : Kisna Hesti Ningrum

MAGELANGEKSPRES -- Di Indonesia, mobil listrik semakin masif digunakan akhir-akhir ini. Hal tersebut dipicu oleh tren pemakaian mobil listrik yang dinilai lebih ramah lingkungan karena sama sekali tidak menggunakan bahan bakar fosil. 

Bahan bakar dari fosil sendiri semakin hari semakin langka dan meningkat harganya. Selain itu, menurut berbagai sumber, tarif pajak kendaraan mobil listrik lebih terjangkau daripada pajak kendaraan bermotor lain. 

Oleh karena itu, mobil listrik dapat menjadi kendaraan yang cukup solutif mengatasi permasalahan lingkungan dan budgeting. 

Seperti namanya, mobil listrik dapat bergerak dengan menggunakan energi listrik. Pengguna mobil tersebut wajib memperhatikan bagaimana konsumsi listrik dan jumlah daya baterai mobil listrik. Peran baterai sangat krusial. Jangan sampai pengguna mengabaikan itu.

Jika sampai lupa mengecek, malangnya pengguna dapat mengalami kehabisan baterai di tengah perjalanan.

BACA JUGA:Cara Merawat Mobil Listrik, Walaupun Mudah Jangan Sampai Lupa!

Tak hanya itu, saat ini jumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Indonesia sangat-sangat terbatas dibandingkan dengan jumlah SPBU dan pedagang bensin di jalan, sehingga para pengguna mobil listrik harus lebih aware dan bijak untuk konsumsi daya pada mobil listriknya. 

Salah satu hal mudah yang dapat dilakukan adalah menghemat baterai pada mobil listrik. Ini merupakan cara agar pengguna dapat mengurangi potensi pengisian ulang daya dan jelas dapat mengantisipasi mobil mogok di perjalanan karena kehabisan daya. 

Pengguna dapat menerapkan tips-tips di bawah ini agar baterai mobil listrik lebih hemat dan terjaga. Simak dan pahai ulasan berikut: 

1. Pilih Mode Ekonomi

Mode ekonomi atau regeneratif yang biasanya dimiliki oleh mobil listri nyatanya dapat membantu mengoptimalkan penggunaan daya baterai. Pengguna perlu mengaktifkan mode ini saat mengemudi mobil listrik sehari-hari.

2. Kurangi Kecepatan

Pengguna mobil listrik dapat mengemudi dengan kecepatan yang aman atau di bawah batas kecepatan maksimum. Hal itu dapat membantu mengurangi konsumsi daya baterai mobil listri Pengguna juga harus menghindari mengemudi dengan kecepatan tinggi jika tidak perlu dilakukan. 

3. Kendalikan Pemakaian Fitur Kelistrikan

Fitur-fitur seperti AC, pemanas, lampu,audio mobil,pengisi daya ponsel, dan berbagai fitur kelistrikan lain membutuhkan daya listrik untuk dioperasikan.

Kategori :