12 Tips Agar Mobil Listrik Hemat Daya, Bisa Meningkatkan Jangkauan Perjalanan

Sabtu 23-09-2023,20:30 WIB
Reporter : Kisna Hesti Ningrum
Editor : Kisna Hesti Ningrum

Fitur-fitur di dalam mobil listrik tersebut dapat mengonsumsi banyak daya baterai. Cobalah untuk mengendalikan pemakaian fitur-fitur tersebut agar tidak terlalu boros mengonsumsi daya baterai mobil listrik.

BACA JUGA:Jangan Kaget Ini Dia Harga Mobil Listrik Lexus RZ BEV

4. Penggunaan Regeneratif

Pengguna dapat memanfaatkan sistem regeneratif saat menginjak rem atau mengurangi kecepatan. Hal itu akan mengubah energi kinetik menjadi daya yang disimpan kembali dalam baterai.

5. Pastikan Tekanan Ban

Tips selanjutnya, pengguna wajib memastikan tekanan ban tetap dalam batas yang direkomendasikan oleh produsen. Ban yang kurang tekanan dapat meningkatkan resistansi gulir dan mengurangi efisiensi.

6. Hindari Muatan Berlebihan

Membawa muatan beban yang berlebihan dapat meningkatkan konsumsi daya. Hindari membawa barang yang tidak perlu di dalam mobil listrik. 

Jika mobil memuat beban yang berat dari seharusnya, mobil akan terasa berat, hal itu dapat berdampak pada konsumsi baterai yang jadi lebih besar untuk meningkatkan akselerasi mobil. 

7. Gunakan Charger yang Direkomendasikan

Pengguna diharapkan selalu menggunakan charger yang direkomendasikan oleh produsen mobil listrik saat melakukan pengisian daya. 

8. Perencanaan Perjalanan

Saat pengguna akan melakukan perjalanan jauh, ada baiknya jika pengguna merencanakan rute perjalanan terlebih dahulu, seperti menghindari jalan raya dengan lalu lintas berat atau kemiringan yang curam. Gunakan aplikasi atau sistem navigasi yang memperhitungkan stasiun pengisian yang tersedia di sepanjang rute.

9. Pemeliharaan Rutin

Pastikan mobil listrik yang digunakan dalam kondisi baik. Periksa baterai, sistem kelistrikan, dan komponen lain secara teratur agar berfungsi optimal saat digunakan di perjalanan.

10. Manfaatkan Fitur Pemrograman Jadwal Pengisian

Kategori :