SMA Negeri 5 Magelang Bentuk Karakter Kepemimpinan Lewat LDKS

Senin 25-09-2023,21:26 WIB
Reporter : Huni Wejang
Editor : Arief Setyoko

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Guna menciptakan generasi muda berkarakter kepemimpinan, SMA Negeri 5 Magelang menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) bertajuk 'NAWASENA' Tahun Pelajaran 2023/2024 pada 23-24 September 2023.

Kegiatan yang diikuti 100 peserta didik dari 10 perwakilan organisasi tersebut, bertujuan untuk meningkatkan pola pikir dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan dalam diri peserta didik sebagai calon pengurus organisasi sekolah. 

BACA JUGA:Siswa SMPN 8 Magelang Mengikuti Sosialisasi Kenakalan Remaja dan Penyalahgunaan Narkoba

Ketua Panitia LDKS, Hafiz menuturkan, pada kegiatan yang mengusung tema 'Membangun Pemimpin Masa Depan yang Tangguh', peserta tidak hanya dibekali dengan teori terkait kepemimpinan tetapi juga diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan konsep dalam situasi nyata melalui tantangan, diskusi kelompok, dan juga kerjasama tim. 

"Hal ini juga akan membantu mereka untuk dapat memahami tantangan yang mungkin dihadapi dalam peran kepemimpinan serta bagaimana cara memecahkan masalah dengan cara yang efektif," ujarnya. 

BACA JUGA:Asah Kemampuan Siswa SMK Citra Medika Gelar Kunjungan Instalasi di RS dan Pabrik Jamu Tradisional

Pada kegiatan ini, peserta didik diberikan bekal wawasan dan keterampilan berupa seminar dan outbond di waktu yang berbeda. 

Di hari pertama, peserta didik disajikan empat topik materi berupa kepemimpinan dan motivasi, manajemen organisasi, kesekretariatan, public speaking serta materi tambahan dari masing-masing organisasi. 

Sedangkan di hari kedua, peserta didik diajak untuk outbond training sebagai bentuk kesiapan fisik. 

BACA JUGA:SMP Mutual Kota Magelang Raih 5 Medali di Ajang International Karate Championship

Tak hanya itu, outbound training juga dimaksudkan agar setiap peserta didik dapat memahami makna sebuah tantangan, kerja sama, kepemimpinan dan juga sikap tidak mudah putus asa dalam menyelesaikan sebuah permasalahan.  

"Pada kegiatan rutin tahunan ini saya dan 40 panitia lainnya berharap, melalui kegiatan LDKS ini dapat membantu para peserta dalam proses melatih jiwa kepemimpinan mereka sehingga dapat membawa organisasi menjadi lebih maju serta meningkatkan kualitas kepengurusan organisasi," tandasnya. (mg3)

Kategori :