Komisi C DPRD Temanggung Tinjau Gudang Tembakau

Selasa 26-09-2023,18:41 WIB
Reporter : Setyo Wuwuh
Editor : Lukman Hakim

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES - Ketua DPRD Temanggung Yunianto mengatakan, pihaknya bersama komisi C DPRD Temanggung akan melakukan kunjungan ke sejumlah gudang tembakau secara bertahap, langkah ini untuk mengetahui perkembangan harga tembakau pada musim panen raya tahun ini.

"Tidak hanya kali ini saja, rencananya pemantauan ke perwakilan gudang tembakau di Temanggung akan kami lakukan secara berkelanjutan hingga akhir panen raya,"katanya saat mengunjungi sejumlah gudang tembakau di Temanggung, kemarin.

Ia mengatakan, hasil kunjungan ke sejumlah gudang perwakilan pabrik rokok di Kabupaten Temanggung, harga beli menunjukan adanya perbaikan, saat ini harga tembakau antara Rp60.000 sampai dengan Rp85.000 perkilogram.

BACA JUGA:BREAKING NEWS! Kebakaran Hutan di Temanggung Berhasil Dipadamkan

Bahkan kata Yunianto, ada beberapa tembakau dari sejumlah daerah penghasil tembakau di Temanggung yang sudah mencapai harga Rp100.000 per kilogram.

"Pastinya harga tembakau itu tergantung kualitasnya, saya tadi lihat susah ada yang mencapai Rp100.000 per kilogram tapi baru beberapa saja,"terangnya.

Menurutnya, kondisi tembakau saat ini sudah menunjukkan adanya perbaikan, pabrikan membeli tembakau dengan harga yang lebih baik jika dibandingkan dengan panen raya tahun sebelumnya.

BACA JUGA:Kualitas Panen Raya 2023 Meningkat, Bupati Temanggung Minta Pabrik Naikkan Harga Tembakau

"Tahun ini cuacanya bagus, kualitas tembakaunya juga lebih baik, harga juga harus lebih baik,"harapnya.

Ia berharap, petani bisa menjaga kualitas tembakaunya sehingga pabrikan bisa membeli dengan harga yang pantas sesuai dengan biaya yang dikeluarkan petani.

"Harus seimbang, petani jaga kualitas tembakannya, pabrikan juga bisa membeli sesuai dengan kualitas tembakaunya,"pesannya.

Salah satu grader perwakilan gudang garam Tjong Giong mengatakan, harga tembakau tahun ini lebih baik dari panen raya tahun lalu, untuk grade D tahun lalu paling mahal di harga Rp60.000 dan sekarang Rp70.000 perkilogram.

"Kualitas tembakau tahun ini bagus, jadi kami membeli dengan harga yang lebih baik dari tahun kemarin."katanya.(set)

Kategori :