Bajigur, Minuman Petani Sunda dengan Segudang Manfaat

Rabu 29-11-2023,13:00 WIB
Reporter : Noviansyah Rizki Aditya
Editor : Noviansyah Rizki Aditya

Beberapa orang menambahkan bahan daun pandan dan sedikit garam untuk menyeimbangkan rasa dan membuat rasa dari Bajigur yang awalnya manis akibat gula aren yang mendominasi, kini menjadi manis legit dengan tambahan santan dan sedikit garam.

Proses pembuatan Bajigur tergolong mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan semua bahan mulai dari gula aren, santan, jahe, dan bahan yang menurutmu mendukung rasa lainnya.

Lalu direbus hingga mendidih dan agak kental. Bajigur lebih nikmat dihidangkan saat hangat-hangatnya agar lebih nikmat sensasinya.

BACA JUGA:Wedang Ronde, Minuman yang Cocok untuk Menemani Derasnya Hujan dan Udara Dingin

Selain rasanya yang nikmat, Bajigur ternyata juga memiliki berbagai khasiat. Jahe berkhasiat dalam mengobati perut kembung dan masuk angin. Jahe memiliki efek menghangatkan pada tubuh.

Gula aren yang menjadi bahan utama dari Bajigur memberikan energi bagi siapapun yang mengonsumsi minuman ini. Kandungan gula aren juga dapat membantu mengatasi pencernaan yang terganggu, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan lain-lain.

Masih banyak lagi manfaat dari Bajigur. Bajigur merupakan minuman petani sunda yang memiliki segudang manfaat. Rasa tradisional dari Bajigur harus kita jaga demi kelestarian kebudayaan Indonesia.(*)

Kategori :