Tips Touring saat Musim Hujan: Naik New Xmax Pasti Lebih Asyik

Rabu 20-12-2023,07:31 WIB
Reporter : Nur Imron Rosadi
Editor : Nur Imron Rosadi

 

MAGELANGEKSPRES - Musim hujan telah tiba. Udara panas kemarau panjang yang seakan membakar muka bumi perlahan-lahan kembali sejuk di sepanjang hari.

 

Di musim hujan biasanya orang menyimpan sepeda motor kesayangan di ruangan tersembunyi. Tapi itu dulu di saat ada pameo, musim hujan tiba, motor disimpan rapat di dalam kamar. Sekarang, hal seperti itu tak akan terjadi, hujan datang, sunmory tetap jalan.

 

Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sesaat sebelum malakukan perjalanan jauh atau sunmoy atau touring bersama komunitas.

 

Karena kondisi jalan yang basah, tentu saja persiapan sebelum melakukan perjalanan jauh atau touring atau sunmory ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

BACA JUGA:Yamaha Lexi 125 Terbaru 2024 Resmi Meluncur, Siap Menjawab Semua Keluhan Konsumen?

 

Simak tips dari Cief DDS 3 Jateng-DIY, Paul Himawan, agar Anda tetap merasakan aman dan nyaman touring di saat musim hujan.

 

1.   Rencanakan Rute Perjalanan . Perencanaan rute perjalanan perlu benar-benar diperhatikan, apakah rute yang akan dilalui terkadang selain hujan juga akan turun kabut.

 

2.  Periksa Lampu Kendaraan . Pastikan kelistrikan dan lampu-lampu berfungsi dengan baik, karena apabila turun hujan, tetap bisa melakukan perjalanan dengan baik.

 

3.   Periksa Komponen Penting Kendaraan . Pastikan komponen-komponen vital kendaraan berfungsi dengan baik, kondisi ban dan tekanannya, rem berfungsi dengan maksimal, dan lain-lain.

 

4.   Periksa Tekanan Udara Dalam Ban . Pastikan tekanan udara standar sesuai rekomedasi pabrik.

 

5.  Memakai Pakaian yang Tepat.

 

6.   Menyiapkan Jas Hujan . Kelengkapan wajib di saat musim hujan, apalagi kalau melakukan perjalanan jauh.

 

7.   Berkendara dengan kecepatan Normal . Karena kondisi jalan yang licin akibat air hujan, maka gunakan kecepatan dalam kondisi normal-normal saja.

 

8.   Menjaga Jarak Aman . Akibat curah hujan yang tinggi yang berimplikasi terhadap jarak pandang pengendara, maka atur jarak aman. Karena apabila kendaraan di depan kita melakukan pengereman mendadak, kita masih bisa bermanufer atau mengindarinya.

 

9.   Hindari Menerabas Genangan Air . Bikers mania, genangan air terkadang justru menjadi sarana yang asyik untuk bermain di saat musim, namun yang perlu diwaspadai adalah, apakah di dalam genangan air tersebut ada lubang atau batu yang tertutup air genangan, dan apabila ada salah satu atau dua-duanya ada, maka sangat membahayakan bagi pengendara.

 

10.  Selalu Perhatikan Marka Jalan . Apabila bikers mania berada di posisi tengah, perhatikan dengan seksama, apakah kendaraan kita melebihi marka, apabila sampai melebihi marka, maka kembalilah ke jalur anda agar aman dalam berkendara.

Kategori :