Pesawat Aerotek X1 Karya Warga Temanggung Maju Krenova Tingkat Nasional

Sabtu 13-07-2024,11:33 WIB
Reporter : Setyo Wuwuh
Editor : Malik Salman

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES - Pesawat Aerotek X1 buatan anak-anak Temanggung menjadi juara pertama pada lomba kreativitas dan inovasi (krenova) tingkat provinsi Jawa Tengah Tahun 2024. Rencananya karya anak-anak kabupaten penghasil tembakau ini akan maju tingkat nasional pada ajang yang sama.

"Kami sepenuhnya akan dukung, Pemerintah akan memfasiliasi agar bisa maju lomba tingkat nasional," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Temanggung Dwi Sukarmei, kemarin.

Menurutnya, karya anak negeri tembakau ini menjadi yang terbaik dari karya-karya dari kabupaten kota lainnya di Jawa Tengah. Setiap kabupaten kota di Jawa Tengah mengajukan satu karya dalam ajang tersebut.

BACA JUGA:Pemetaan Kuadran Talenta, 615 ASN di Temanggung Jalani CAT

"Ada 35 kabupaten kota, dan alhamdulillah karya dari Temanggung ini menjadi yang terbaik dan yang utama," tuturnya.

Dijelaskan, pesawat karya anak-anak Temanggung ini memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan karya yang lainnya. Selain teknologinya bahan baku yang berasal dari dalam negri juga sangat mendukung karya ini.

"Pesawat berbahan lokal dalam negeri ini dinobatkan sebagai karya inovasi teknologi terbaik di Jawa Tengah," katanya.

Pesawat Aerotek X-1 buatan Sudiro dan David Ahmad Tabib warga Dusun Rejosari, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung.

Pesawat dengan panjang 4,5 meter dan lebar 9 meter ini berhasil uji coba terbang di Pangkalan Udara Adisucipto, Yogyakarta. Berhasil terbang di ketinggian 700 kaki atau 200 meter.

BACA JUGA:APBD Temanggung Semakin Menyusut, Perlu Inovasi dari Kepala Perangkat Daerah

Ia menyampaikan keunggulan dari pesawat ini adalah lebih dari 70 persen menggunakan bahan lokal mulai dari bahan besi rangka pesawat, bahan kain sayap dari polyester serta ban pesawat menggunakan ban sepeda motor Vespa, dan bahan bakar Pertamax.

Pesawat ini didesain multifungsi, selain untuk kedirgantaraan juga digunakan untuk pemantauan udara lahan pertanian maupun perkebunan.

"Tentunya ini menjadi pemacu bagi kita untuk melaju lagi ke tingkat nasional sesuai harapan kami dan teman-teman yang membuat pesawat ini lebih kreatif, lebih mempersiapkan lagi untuk menuju ke tingkat nasional," katanya.

Tim Aerotek X1 Fallah Afredo menyampaikan keunggulan dari Aerotek adalah tingkat komponen dalam negeri (TKN) mencapai 70 persen.

BACA JUGA:KPU Temanggung Luncurkan WA Both, Satu-satunya di Jateng

Kategori :