Berbagai Lomba Diadakan Dispuspa Saat Hari Kunjungan Perpustakaan

Rabu 31-07-2024,18:36 WIB
Reporter : Heni Agusningtiyas
Editor : Nur Imron Rosadi

MUNTILAN, MAGELANGEKSPRES - Menumbuhkan minat baca masyarakat serta menghargai peran serta perpustakaan dalam pendidikan literasi masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispuspa) Kabupaten Magelang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Hari Kunjung Perpustakaan.

Kegiatan itu dilakukan di Graha Seba Pustaka Dispuspa Kabupaten Magelang, Selasa (30/7) lalu.

”Untuk itu dalam rangka mensukseskan rangkaian kegiatan promosi dan Hari Kunjung Perpustakaan, kami mohon kepala sekolah, madrasah dan pondok pesantren agar mengagendakan kegiatan Outing Class berkunjung ke perpustakaan,” kata kepala Dispuspa Kabupaten Magelang, Wisnu Argo Budiono.

BACA JUGA:Kapolresta Apresiasi Kehadiran Perpustakaan Keliling ke Sekolah di Magelang, Manambah Minat Baca Siswa

Disampaikan Wisnu, kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan akan dilaksanakan pada 14 September 2024 dengan agenda kegiatan bazar buku, lomba melukis tingkat SD, lomba melukis poster tingkat SMP dan pameran produk UMKM mitra program TPBIS.

Dirinya mengharapkan dukungan dari seluruh pihak termasuk Ketua Lembaga Organisasi Profesi. Dalam kegiatan bazar buku akan diikuti oleh sebanyak 14 penerbit yang menyediakan buku perpustakaan lengkap.

”Untuk jadwal kunjungan dibuat oleh tim Dispuspa berdasar wilayah masing-masing sehingga pengunjung dapat merasa nyaman,” lanjutnya.

Wisnu berharap, kegiatan ini dapat menjadi ajang promosi perpustakaan dan meningkatkan kesadaran literasi di masyarakat untuk perkembangan individu dan kemajuan bangsa.

BACA JUGA:Melek Huruf, Cafe Perpustakaan Unik untuk Baca Buku Sambil Ngopi di Magelang

Seperti diketahui, telah diamanatkan pada pasal 3 ayat (6) Peraturan Menteri Keuangan Nomor 110 tahun 2023 yang menyebutkan bahwa indikator yang mencerminkan tingkat kinerja daerah pada setiap urusan pemerintah daerah merupakan indeks komposit dari beberapa indikator kinerja setiap bidang.

Selanjutnya di dalam lampiran Peraturan Menteri Keuangan dimaksud pada kolom uraian kegiatan dan sub kegiatan dijelaskan bahwa sebagai alokasi DAU wajib melaksanakan pengembangan dan Pemeliharaan Layanan Elektronik yang mencakup beberapa rincian kegiatan di antaranya Hari Kunjung Perpustakaan. (hen)

Kategori :