Akses Air Bersih Lebih Mudah: PDAM Kota Magelang Hadirkan Program Tandonisasi

Kamis 26-09-2024,14:56 WIB
Reporter : Haryas Prabawanti
Editor : Nur Imron Rosadi

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Kota Magelang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan bagi masyarakat atau pelanggan melalui program pengadaan tandonisasi air dengan harga terjangkau.

Sebagai informasi, program tandonisasi adalah pemasangan tempat penyimpanan air dengan ukuran 500 liter beserta pompa penyedotnya untuk masyarakat.

Program tandonisasi air yang disosialisasikan sejak Jumat 20 September 2024 tersebut merupakan bagian dari upaya PDAM agar masyarakat dapat mengakses air 24 jam.

BACA JUGA:SELAMAT! Bambang Pulunggono Resmi Jabat Direktur Utama PDAM Kota Magelang

Program tandonisasi air sudah disosialisasikan ke 700 warga dari Kelurahan Jurangombo Selatan, Jurangombo Utara dan Magersari.

Sebab, di kawasan tersebut, saat ini hanya dapat mengakses air kurang lebih 12 jam dalam sehari.

Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Magelang, Bambang Pulunggono menuturkan, ada 2 jenis program tandonisasi yang ditawarkan PDAM kepada masyarakat.

"Jenisnya ada 2, tandon untuk pribadi (per keluarga) atau komunal," kata Bambang, saat ditemui Magelang Ekspres, Senin 25 September 2024.

BACA JUGA:Antisipasi Kemarau, PDAM Kota Magelang Siagakan 3 Truk Tangki Air Bersih

Lebih lanjut, Bambang menuturkan, untuk tandon pribadi masyarakat hanya perlu membayar 2 juta rupiah sebagai biaya pemasangan instalasi lengkap dengan pompanya.

"Estimasi pemasangan 1 minggu, masyarakat tinggal pakai saja," tuturnya.

Kemudian, lanjut Bambang, untuk jenis tandon Komunal, dapat digunakan masyarakat 1 RT namun harus menunggu karena realisasinya baru dapat dilakukan pada 2025 karena pengadaannya menggunakan dana bantuan Rodanya Mas Bagya.

"Sejauh ini peminatnya cenderung ke pemasangan tandon pribadi, karena untuk tandon komunal meskipun gratis, masyarakat perlu banyak memikirkan soal perawatan dan operasionalnya," jelas Bambang.

Selain itu, tandon air untuk pribadi sudah disesuaikan dengan kebutuhan rata-rata per keluarga yakni kurang lebih 100 liter per hari.

BACA JUGA:PDAM Kota Magelang Sambut Positif Pembangunan Mata Air Sripungaten yang Segera Tuntas

Kategori :