BPBD Temanggung Sudah Salurkan 107 Tangki Air Bersih

Senin 07-10-2024,18:22 WIB
Reporter : Setyo Wuwuh
Editor : Malik Salman

TEMANGGUNG,MAGELANGEKSPRES.COM - Dari jumlah persediaan bantuan air bersih sebanyak 115 tangki, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung hingga saat ini sudah menyalurkan kurang lebih 107 tangki air bersih.

Bantuan air bersih tersebut, kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Totok Nursetyanto, diberikan kepada masyarakat di sejumlah desa di Kabupaten Temanggung yang saat musim kemarau tahun 2024 ini mengalami kekurang air bersih.

"Total bantuan air bersih yang susah kami salurkan kurang lebih sebanyak 107 tangki air bersih," terangnya belum lama ini.

BACA JUGA:Jumlah Bantuan Air Bersih di Temanggung Masih Kurang

Ia menyebutkan sejumlah daerah di Kabupaten Temanggung yang masih menerima bantuan air bersih.

Antara lain Desa Balong Kecamatan Bansari, Pagergunung dan Wonosari Kecamatan Bulu, Ngadisepi Kecamatan Gemawang, Ketitang Kecamatan Jumo, Kembangsari Kecamatan Kandangan. Klepu Kecamatan Kranggan.

Ia mengatakan, selama masih ada masyarakat yang meminta bantuan air bersih, maka pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin memberikan bantuan.

Menurutnya, bantuan air yang disalurkan sudah disesuaikan dengan kebutuhan air bersih di desa setempat, bantuan air bersih ini khusus digunakan untuk kebutuhan makan dan minum, bukan untuk kebutuhan mandi, cuci dan kebutuhan lainnya.

BACA JUGA:Relawan Adadia Resik-resik Taman Pengayoman Temanggung

"Jadi bantuan air bersih ini memang khusus untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum saja," tegasnya.

Anggaran yang digunakan untuk penyaluran air bersih dari APBD dan nanti kalau tidak mencukupi akan ditambah dari dana siap pakai (DSP) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Kita ada alokasi untuk penanganan kekeringan. Jadi, kita ambilkan dari situ," katanya.

Ia berpesan, bagi masyarakat yang tinggal didaerah kekurangan air bersih untuk lebih hemat mengunakan air bersih, manfaatkan air bersih sesuai kebutuhan pokok.

BACA JUGA:Pembobol SD di Temanggung Tertangkap, Hasil Barang Curian Belum Terbayar

"Hemat pengunaan air, tidak hanya bagi masyarakat yang tinggal didaerah kekurangan air bersih saja, namun semua masyarakat bisa lebih hemat dalam mengunakan air bersih,"pesannya. (set)

Kategori :