Siswa SMKN 2 Magelang Kunjungi Industri, dari Program P5 Tema Kebekerjaan

Senin 21-10-2024,16:52 WIB
Reporter : SMKN 2 Magelang
Editor : Nur Imron Rosadi

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM- Siswa-siswi Fase E SMKN 2 Magelang melaksanakan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema kebekerjaan pada Rabu (16/10/2024).

Dalam program ini, siswa-siswi kelas 10 berkesempatan mengunjungi beberapa Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Tempat yang dikunjungi seperti pabrik krupuk rambak, pabrik keripik gethuk, dan sebagainya.

BACA JUGA:Siswa SMKN 2 Magelang Sukses Borong Lomba Poster di Unimma

Selama kunjungan, siswa juga berkesempatan untuk berdialog langsung dengan para profesional di setiap bidang, mempelajari tantangan yang mereka hadapi, serta mendapatkan tips tentang keterampilan yang dibutuhkan.

"Tujuan diadakannya kunjungan industri adalah untuk memberikan pembelajaran langsung di tempat industri, sehingga para siswa dapat melihat dan memahami secara langsung bagaimana proses produksi dan pemasaran dilakukan," ungkap Ipin S.Pd selaku salah satu fasilitator P5.

Selain itu, lanjut Ipin, kunjungan ini juga bertujuan agar siswa mendapatkan inspirasi secara nyata dari industri yang mereka kunjungi. Dengan demikian, harapannya adalah para siswa akan terinspirasi untuk menjadi pengusaha di masa depan.

BACA JUGA:Siswa SMKN 2 Magelang Raih Prestasi Duta Genre Jateng

Pada acara kunjungan UMKM, para siswa memperoleh pengetahuan baru tentang proses pembuatan keripik getuk.

Proses ini dimulai dengan bahan utama yaitu singkong yang dihaluskan dan diberi bumbu, kemudian singkong tersebut dijemur sebelum masuk ke tahap penggorengan sebagai proses terakhir.

Dita Juliani salah satu siswa kelas 10 Akuntansi dan Lembaga Keuangan (AKL) 2 mengaku sangat senang setelah mengikuti acara ini. Sebelumnya Dita tidak mengetahui bagaimana keripik tersebut dibuat.

BACA JUGA:Kemah Tahunan Ambalan Sekar Mirah Agung Sedayu SMKN 2 Magelang, Peserta Dilatih Mandiri

"Kini, saya mengerti proses di balik pembuatannya, yang telah menambah pengetahuan dan wawasan saya," ujarnya. (adv/tim jurnalis smkn 2 mgl)

Kategori :