50 Anggota DPRD Kabupaten Tegal Ikuti Pembekalan di Surakarta

Selasa 22-10-2024,15:10 WIB
Reporter : YERI NOVELI
Editor : Tarjo

SLAWI, MAGELANGEKSPRES - Seluruh Anggota DPRD Kabupaten Tegal yang berjumlah 50 orang mengikuti pembekalan dan orientasi di Surakarta selama 4 hari, sejak Senin (21/10) hingga Kamis (24/10).

Pembekalan terkait dengan tugas, fungsi dan wewenang legislatif ini dipusatkan di The Hotel Sunan Solo.

Sekretaris DPRD Kabupaten Tegal, Untung Subagio mengatakan, Pimpinan DPRD Kabupaten Tegal definitif telah dilantik pada Kamis (17/10).

Usai pelantikan pimpinan DPRD, seluruh anggota DPRD diwajibkan mengikuti pembekalan untuk kelancaran tugasnya selama lima tahun kedepan.

"Utamanya soal tugas, fungsi dan wewenang legislatif. Tapi, banyak materi lainnya untuk peningkatan kapasitas anggota DPRD," kata Untung, Selasa (22/10).

Dia menjelaskan, untuk materi lainnya dalam pembekalan itu yakni building learning commitment, wawasan kebangsaan yang dilandasi Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, sistem pemerintahan Indonesia, serta penguatan penegakan perundang-undangan.

"Anggota DPRD juga diberikan penjelasan tentang tata tertib DPRD, hak dan kewajiban anggota DPRD, alat kelengkapan DPRD, serta kode etik dan tata beracara DPRD," ujarnya.

Selain itu, lanjut Untung, pembekalan juga membedah tentang aturan Permendagri Nomor 6 Tahun 2024 tentang kebijakan orientasi dan pendalaman tugas bagi anggota DPRD.

Para anggota DPRD ini juga melakukan diskusi tentang isu aktual yang terjadi saat ini.

"Kami menghadirkan narasumber dari berbagai kalangan, baik dari akademisi, praktisi dan pejabat di tingkat provinsi. Orientasi ini dibarengkan dengan DPRD Kabupaten Pemalang," ujarnya.

Diharapkan, pembekalan yang berlangsung selama 4 hari ini bisa menjadi pedoman dalam tugas-tugas anggota DPRD. Dalam waktu dekat ini, anggota DPRD akan membentuk alat kelengkapan DPRD dan menyelesaian tata tertib serta kode etik DPRD.

"Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan lancar tanpa hambatan. Anggota DPRD juga secara serius mengikuti orientasi ini," imbuhnya. (ADV)

Kategori :