Peran Microteaching Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Mengajar

Peran Microteaching Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Mengajar

--

Pada inovasi ini yang akan ditingkatkan adalah kualitas pembelajaran. Kualitas pembelajaran harus ditingkatkan karena  pendidikan harus mampu menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Sehingga pembelajaran yang berkualitas diharapkan dapat menghasilkan individu yang memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan masa depan. Hal ini penting untuk mencetak generasi yang siap berkontribusi dalam pembangunan negara, dunia kerja, dan perkembangan teknologi.

SD Negeri Gelangan 1 Kota Magelang menerapkan microteaching mulai bulan April 2024. Kegiatan ini terjadwal secara rutin yang dilakukan 1 kali dalam seminggu.

Sebelum melaksanakan microteaching di depan teman sejawat, guru tersebut juga harus membuat persiapan seperti halnya sebelum melaksanakan pembelajaran.

Seperti membuat Modul ajar atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, media dan juga alat peraga yang diharapkan dapat membantu keberhasilan guru dalam mengajar.

Pada saat microteaching mulai diterapkan, ternyata banyak hal-hal menarik yang memberi nilai tambah pada microteacing sehingga meningkatkan kualitas microteaching yang dilakukan.


Microteaching mulai diterapkan di SD Negeri Gelangan 1 Kota Magelang setelah menerima Raport Pendidikan.--

Hal-hal menarik tersebut antara lain,

1) Interaksi antar teman sejawat yang berperan sebagai siswa. Para guru tersebut benar-benar bertingkah seperti siswa, yang lucu, sedikit usil, suka menggoda teman.

Kondisi tersebut dapat menimbulkan suasana yang menarik dan mengendurkan syaraf tegang di antara guru karena rutinitas pekerjaan.

2) Saran dan masukan yang diberikan dalam suasana diskusi oleh teman yang bertindak sebagai siswa sekaligus pengamat lebih bisa diterima.

Tetapi di sisi lain pengamat yang sekaligus menjadi siswa pada pelaksanaan mikroteaching memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan umpan balik yang konstruktif kepada pengajar.

Berikut beberapa hal yang harus dikuasai oleh pengamat dalam microteaching :

1) Pemahaman tentang Tujuan Pembelajaran. Pengamat harus memahami tujuan dari sesi microteaching yang sedang diamati.

Tujuan ini bisa berkaitan dengan pengembangan keterampilan mengajar tertentu, seperti teknik bertanya, pengelolaan kelas, atau penggunaan media pembelajaran.

2) Keterampilan bertanya yang tidak bersifat menghakimi teman.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: magelang ekspres