Forga Ke-7 Kota Magelang 2022 Picu Geliat Wisata Olahraga

Forga Ke-7 Kota Magelang 2022 Picu Geliat Wisata Olahraga

SPORT TOURISM. Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Magelang, Muh Haryo Nugroho ingin Forga ke-7 tahun 2022 bisa mendorong sport tourism di Kota Magelang.(foto : wiwid arif/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

KOTA MAGELANG – Ajang olahraga tahunan antar-tukang ledeng se-Jawa Tengah bertajuk Forum Olahraga (Forga) ke-7 digelar di Kota Magelang, mulai Jumat (1/7).

Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, perhelatan yang bertujuan mempererat persaudaraan antarkaryawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jawa Tengah itu juga diharapkan mampu menggeliatkan kembali wisata masyarakat sehingga memicu pemulihan ekonomi di tengah pandemi.

Direktur Utama Perusahaan Daerah (Perumda) Air Minum Kota Magelang, Muh Haryo Nugroho mengatakan, pembukaan Forga ke-7 tahun 2022 akan dipusatkan di kompleks Gelora Sanden, Kota Magelang, Jumat (1/7) siang. Sebanyak 750 atlet karyawan PDAM se-Jawa Tengah akan terlibat di dalam 10 perlombaan.

“Forga digelar untuk yang ketujuh kalinya. Tahun ini Kota Magelang jadi tuan rumah. Harapannya, selain untuk mempererat antarkaryawan PDAM, juga mendukung sport tourism di Kota Magelang,” kata Haryo kepada wartawan, Kamis (30/6).

Dia menjelaskan, antusiasme perlombaan tahunan itu diprediksi akan sangat tinggi. Sebab, selama dua tahun agenda tersebut tertunda akibat pandemi Covid-19.

"Rencananya digelar tahun 2020 lalu di Kota Magelang. Tapi karena pandemi, kegiatan baru bisa dilaksanakan tahun ini,” ujarnya.

Kendati sempat mundur dua tahun, namun Haryo memastikan tidak menurunkan semangat para atlet yang tergabung di setiap Koordinator Wilayah (Korwil) se-Jateng. Ia menyebut, akan ada enam korwil yang terlibat dalam perlombaan.

“Korwil Kedu, Banyumas, Surakarta, Semarang, Pati, dan Pekalongan. Selain atlet, tiap-tiap korwil juga membawa serta suporter, sehingga kami prediksi seribuan orang akan datang ke Kota Magelang, selama tiga hari mulai Jumat (1/7) hingga Minggu (3/7),” ujarnya.

Ia menyebutkan, ke-10 cabang perlombaan yang akan digelar antara lain, bola voli putra/putri, tenis meja putra/putri, catur putra, tenis lapangan putra, defile campuran, tari kreasi campuran, sepakbola putra, lomba menyanyi, dan bulutangkis putra/putri. Kemudian satu lagi, lomba yang menjadi ciri khas Forga PDAM yakni permainan pasang ledeng putra/putri juga akan turut memeriahkan event tersebut.

”Di hari terakhir, kami akan ajak para atlet dan suporter untuk menikmati tempat-tempat wisata di Kota Magelang dan sekitarnya. Harapannya, ada pergerakan ekonomi ke arah yang positif dari agenda yang kami gelar ini,” tandasnya.

Kegiatan olahraga berkonsep sport tourism ini mendapat dukungan dari Pemkot Magelang. Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang, Wulandari Wahyuningsih meyakini, kegiatan ini akan memberi dampak positif bagi pariwisata dan perekonomian daerah.

”Tentunya ini akan membuat daya tarik wisata di Kota Magelang menggema lagi. Apalagi di tiap-tiap lingkungan Kota Magelang saat ini sudah punya produk unggulan yang menawarkan wisata-wisata menarik,” ujarnya.
Ia berharap, tempat-tempat wisata yang ada di perkampungan bakal diketahui. Mereka juga akan menginap, belanja, dan kelak mengajak keluarganya untuk berwisata.

Walikota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz sebelumnya mengatakan, ajang-ajang serupa perlu lebih didorong lagi penyelenggaraannya. Menurut dia, penyelenggaraan acara tersebut bisa turut mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

”Pertumbuhan ekonomi mesti dirangsang, distimulus. Harapannya akan ada respons yang muncul dari ajang-ajang seperti ini,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com