Pojok Baca PMII Masuk Ponpes An-Nawawi Purworejo

Pojok Baca PMII Masuk Ponpes An-Nawawi Purworejo

BACA. Santri putri PP An-Nawawi saat mengunjungi rumah baca yang digagas aktivis perempuan PMII. (foto : Lukman Hakim/Purworejo Ekspres)--

PURWOREJO - Sejumlah aktivis mahasiswa perempuan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Purworejo menggelar aksi dukungan terhadap dunia literasi dengan menggelar Rumah Baca  di salah satu sudut pondok pesantren An-Nawawi.

Koordinator aksi, Nur Makhrifah mengungkapkan, membaca merupakan hal penting dalam proses belajar - mengajar.

Maka dari itu  pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus terus menggenjot budaya membaca masyarakat, khususnya peserta didik.

Salah satu terobosannya adalah melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti Luhur kepada peserta didik dengan mengembangan Gerakan Literasi (GLS ).

"Untuk membantu pemerintah dalam menumbuhkan literasi membaca peserta didik, dan mengimplementasikan Permendikbud tersebut, kami menggelar pojok baca hingga ke Pesantren," katanya saat ditemui dilokasi, Rabu (13/7). 

 

Ia menjelaskan Permendikbud Nomor 23 tahun 2015 hanya bisa menjangkau di sekolah-sekolah negeri. Untuk bisa memperluas cangkupan tersebut pihaknya berinisiatif menggelar Pojok baca di Salah satu Pesantren yang ada di Purworejo.

Nur Makhrifah menyebut, kegiatan ini menjadi juga menjadi salah satu bentuk kontribusi serta kepedulian PMII terhadap budaya literasi yang mulai terkikis baik dikalangan masyarakat, siswa, mahasiswa maupun santri.

"Kita berharap setelah kegiatan ini budaya literasi dapat meningkat kembali dan dapat terus terselenggarakan baik dilingkungan pesantren maupun dilingkup yang lebih luas," katanya.

Nur sapaan akrabnya menjelaskan , kegiatan ini digelar di Pondok Pesantren  An-Nawawi Berjan Purworejo mulai Minggu 10 Juli - Rabu 13 Juli 2022. Bahkan tak tanggung-tanggung pihaknya sengaja mengajak kolaborasi salah satu distributor buku tertanam di Purworejo untuk mensuplai ketersediaan buku. 

 

"Kita bekerja sama dengan Sahabat Buku Purworejo. Berhasil memfasilitasi Lebih dari 500 buku tersedia untuk  dibaca dan menyediakan Ribuan buku dengan harga terjangkau," katanya.

Kegiatan tersebut juga mendapat respon yang positif dari pondok pesantren dan masyarakat sekitar karena dinilai dapat meningkatkan literasi masyarakat terutama kalangan siswa, mahasiswa dan santri.

"Mereka dapat membaca buku langsung dilokasi yang sudah difasilitasi tanpa dipungut biaya," katanya.

Ulfatun Nafisah salah satu pengujung yang juga merupakan santri Pondok Pesantren An-Nawawi mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat dan menarik untuk mengisi waktu libur di Ponpes.

"Kita ditawarkan kegiatan gratis dan produktif untuk menambah bekal wacana untuk menyambut tahun ajaran baru," katanya. (luk)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com