Sekolah Bukan Pabrik, Semua Potensi Anak Harus Dirawat dan Ditumbuhkan

Sekolah Bukan Pabrik, Semua Potensi Anak Harus Dirawat dan Ditumbuhkan

PENDIDIKAN. Dinas Pendididkan Pemuda dan Olahraga (Dikpora Wonosobo) memberikan pengahrgaan kepada siswa berprestasi di Wonosobo di semua jenjang satuan pendidikan.(foto : Agus Supriyadi/Wonosobo ekspres)--Magelangekspres.com

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID- Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Wonosobo, memberikan penghargaan kepada siswa berprestasi di Wonosobo pada semua jenjang satuan pendidikan. Mereka yang mendapatkan penghargaan diantaranya untuk jenis lomba FLS2N, OS2N, FTBI dan TUB PBB.

“Jadi siswa yang menerima penghargaan dari tingkat SD sampai SMP, untuk jenis lomba Jenis Lomba FLS2N, FTBI OS2N, sedangkan untuk lomba TUB PBB yang menerima dari SD hingga SMA,” ungkap Kadispora Wonosobo, Tono Prihartono, kemarin.

Penyerahan penghargaan dan uang pembinaan digelar di pendopo kabupaten. Penyerahan dilakukan langsung oleh Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat didampingi kadispora, kepala sekolah dan para pendamping dan orang tua siswa berprestasi Menurutnya, pemberian penghargaan dan apresiasi lomba kepada siswa berprestasi untuk memotivasi dan juga mengukur sekolah dalam merawat dan menumbuhkan potensi yang dimiliki oleh siswa atau pelajar.

“Jadi pentingnya lomba dan juga penghargaan ini untuk melihat sekolah, bagaimana mereka memperlakukan potensi siswa yang ada di sekolah, sebab sekolah itu bukan pabrik, yang jelek dibuang, yang baik dipakai, tapi sebaliknya, semua potensi ditumbuhkan dan dirawat,” ujarnya.

Tono menambahkan bahwa, dalam lomba yang digelar, ada satu lomba yang akan maju ke tingkat Provinsi Jateng, yaitu lomba FTBI, mereka akan berlaga di Kota Solo. Pada tahun 2021 silam, kontingen asal Wonosobo berhasil meraih juara satu.

Sementara itu, Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat mengatakan bahwa siswa siswa atau pelajar di Kabupaten Wonosobo memiliki potensi yang luar biasa, dan tidak pernah absen juara dalam berbagai ajang perlombaan. Baik di tingkat daerah atau di tingkat nasional, bahkan ada yang maju ke tingkat internasional.

“Pelajar Wonosobo baik itu di wilayah kewenangan pemkab yaitu SD sampai SMP maupun siswa SMA banyak yang berprestasi dan potensi mereka cukup besar, tinggal bagaimana pendidik dan sekolah merawat dan menumbuhkan potensi tersebut,” katanya.

Menurutnya, prestasi yang berhasil diraih oleh para pelajar Wonosobo juga merupakan jembatan untuk mencapai prestasi berikutnya, serta memperkuat minat dan bakat para siswa, baik dibidang akademik, maupun non akademik, seperti olahraga, seni dan budaya.

“Jika potensi mampu dikembangkan sejak awal, maka kedepan akan menjadi sumber daya yang unggul dan berdaya saing,” pungkasnya. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com