Kodim Magelang Persiapkan Babinsa Handal

Kodim Magelang Persiapkan Babinsa Handal

SIMBOLIS. Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi, S.Sos.,M.Tr (Han) saat menyematkan tanda peserta kepada salah satu Babinsa, Senin (21/11).(foto : Heni/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID-Koramil model untuk menjawab tantangan tugas Babinsa yang semakin komplek dalam rangka pembinaan wilayah. Seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) dituntut mampu bertindak sebagai pembina kewilayahan sehingga dengan pembekalan ini diharapkan seorang Babinsa menjadi lebih siap diterjunkan di wilayah dan melakukan tugas pembinaan wilayah yang meliputi Geodemokonsos.

Hal tersebut yang ditekankan Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi,S.Sos.,M.Tr (Han), Senin (21/11) saat memberikan sambutan dalam Pembukaan Kegiatan Pendayagunaan Koramil Model Semester II Tahun 2022 Korem 072/Pamungkas , di Koramil 23/Magelang Utara Kodim 0705/Magelang.
Pendayagunaan Koramil Model kali ini mengambil tema "Pendayagunaan Koramil Model Tingkatkan Profesionalisme Aparat Komando Kewilayahan Dalam Rangka Mendukung Tugas Teritorial di Wilayah".

"Melaksanakan tugas operasi militer selain perang (OMSP) seorang Babinsa dituntut memiliki kemampuan yang mumpuni sehingga Korem 072/Pamungkas melalui Kodim 0705/Magelang menyiapkan sumber daya yang handal melalui pembekalan di Koramil Model," terang Dandim.

Penyelenggaraan Kegiatan Pendayagunaan Koramil Model bertujuan untuk mewujudkan kemampuan babinsa dalam melaksanakan fungsinya dalam rangka meningkatkan kemampuan sebagai aparat teritorial untuk melaksanakan pembinaan teritorial sesuai wilayah yang menjadi tugas dan tanggung jawab Babinsa di wilayahnya.

Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan pendayagunaan Koramil model yaitu terwujudnya pemahaman dan kemampuan Apkowil tingkat Koramil dalam mengaplikasikan pengetahuan teritorial diwilayah. "Terwujudnya pembinaan mental dan fisik, semangat yang tangguh dan profesional dapat terwujud didalam penyelenggaraan kegiatan pendayugaan Koramil Model," imbuh Dandim.

Selain pembinaan wilayah, Babinsa juga dihadapkan dengan tugas-tugas yang lain, mendukung program pemerintah seperti peningkatan ketahanan pangan, stunting dan juga penanganan bencana alam.

"Manfaatkan waktu yang singkat ini untuk menimba ilmu dengan sebaik-baiknya, saya berharap sepulangnya dari sini bisa membawa bekal ilmu yang yang nantinya bisa diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas-tugas pembinaan kewilayahan," tegas Dandim mengakhiri sambutannya. (hen)

Sumber: magelangekspres.com