DP4KB Kota Magelang Buka Sekolah Lansia, Jaga Produktivitas Mereka

DP4KB Kota Magelang Buka Sekolah Lansia, Jaga Produktivitas Mereka

Prosesi wisuda 57 siswa siswi sekolah lansia Kota Magelang yang pertama kali digelar di Gedung Wanita, Selasa, 29 November 2022.(Foto : ikazahara/magelangekspres)--Magelangekspres.com

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID- Sekolah lansia yang digagas oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP4KB) Kota Magelang itu sukses menarik minat para lansia di Kota Magelang.

Setelah melalui 20 kali pertemuan yang didampingi oleh narasumber dan mentor pada bidangnya, kini para siswa siswi sekolah lansia sudah memasuki tahap akhir yaitu wisuda.

Salah satu siswa Sekolah Lansia, Sulastri menuturkan, sekolah lansia telah memberikan kesempatan para lansia untuk menimba ilmu baik secara ilmiah maupun religi dan kesehatan. Semua itu bertujuan untuk menambah wawasan dan membentuk lansia tangguh, mandiri serta bermakna.

“Kami haturkan terimakasih kepada Wali Kota Magelang, juga DP4KB, yang sudah memprioritaskan kami untuk diberikan ilmu, baik ilmiah maupun religi. Insyallah akan kami tindak lanjuti menjadi lebih baik lagi,” terang Sulastri, pada wisuda siswa-siswi sekolah lansia, di Gedung Wanita Kota Magelang, Selasa (29/11/2022).

Pihaknya berharap, forum ini ke depan menjadi ajang silaturahmi dan kekeluargaan yang semakin erat.

Sementara itu pengurus sekolah lansia, Ratna mengaku sangat senang ternyata para lansia sangat semangat dan masih dipedulikan di Kota Magelang.

"Lansia seringkali dianggap sebagai beban sehingga tidak sedikit yang diabaikan, kita semua mengikuti sekolah ini juga sangat antusias tidak menyangka hari ini sudah diwisuda. Dari kita semua paling sepuh umur 77 tahun," tutur Ratna.

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz sangat mengapresiasi adanya sekolah lansia ini yang telah dimulai sejak bulan Agustus – Oktober 2022. Dengan jumlah siswa lansia 57 orang yang berasal dari RW 1 dan 2 Kelurahan Jurang Ombo Selatan, Kecamatan Magelang Selatan.

“Dengan adanya sekolah lansia ini, lansia di Kota Magelang akan tetap produktif meskipun usianya sudah tidak muda lagi dan bisa juga disebut dengan lansia tangguh,” tutur Dokter Aziz.

Pihaknya berharap, sekolah lansia ini nantinya dapat mencover seluruh lansia di seluruh Kota Magelang, sehingga nantinya lansia di seluruh wilayah ini dapat teredukasi dengan merata.

“Memang bukan pekerjaan yang mudah, tapi saya yakin jika kita semua bergandeng tangan saling nyawiji tidak ada yang tidak mungkin,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Dokter Aziz berpesan kepada wisudawan dan wisudawati sekolah lansia agar tetap menjaga kesehatan, kebugaran jasmani dan rohani dengan selalu olahraga dan tetap produktif di masa tua untuk turut serta urun rembug membangun Kota Magelang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com