Ingin Dapatkan NIB dengan Mudah, Inilah yang Ditawarkan DPMPTSP Kota Magelang

Ingin Dapatkan NIB dengan Mudah, Inilah yang Ditawarkan DPMPTSP Kota Magelang

STAND NIB. DPMPTSP Kota Magelang membuka stand di kegiatan Pasar Murah untuk menfasilitasi pelaku usaha dalam mengurus NIB.(foto : IST/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.ID – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Magelang terus melakukan terobosan guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat secara intensif dan efektif.

Salah satu penunjang inovasi rancangan organisasi perangkat daerah (OPD) yang berada di Jalan Veteran No 7 Kota Magelang ini karena turut menghadirkan kegiatan Pelayanan Keliling DPMPTSP di berbagai sarana publik.

Pelayanan keliling besutan DPMPTSP tersebut, difokuskan untuk membantu pelaku usaha untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) secara mudah dan cepat.

Analis Kebijakan Ahli Muda, Amalia Ila Diastri, mengatakan, pelayanan yang dilakukan oleh DPMPTSP merupakan wujud implementasi dari Peraturan Daerah (Perda) Kota Magelang Nomor 4 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha.

“Di Perda sudah disebutkan bahwa penyedia pelayanan publik harus mampu mendekatkan keterjangkauan Pelaku Usaha,” tutur Dias, sapaan akrab Ahli Muda tersebut kepada wartawan, Rabu, 30 November 2022.

Oleh karena itu, pihaknya menggunakan sarana transportasi mobil keliling sebagai metode mobilisasi yang efisien dalam mendekatakan penggiat bisnis dengan fasilitas berusaha.

Dias mengatakan, NIB sendiri sangatlah penting. Hal ini berkaitan dengan legalitas yang didapatkan pelaku usaha.

“Pelaku usaha yang mendapatkan NIB, tentunya akan mendapatkan pengakuan secara hukum dan terdata secara resmi,” ujar Dias.

Selain itu, wirausahawan turut memperoleh segudang kemudahan seperti akses yang mudah dalam mendapatkan pembiayaan, peluang usaha yang lebih lebar, dan bantuan pelatihan dari pemerintah.

“Para pemilik NIB juga berhak mendapatkan kesempatan dalam mengajukan pengadaan barang/ jasa kepada pemerintah,” tegas Dias.

Di samping menggunakan sarana transportasi mobil keliling, DPMPTSP juga menggunakan strategi pendekatan dengan andil pembuatan stand pelayanan publik di kegiatan yang berdekatan dengan masyrakat.

“Untuk pelayanan mobil keliling kami buka di Pasar Rejowinangun dan nantinya akan berkeliling ke pusat kawasan usaha lainnya. Tidak hanya itu, kami membuka stand juga di acara-acara yang melibatkan masyarakat dan pegiat usaha,” katanya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com