Waspadai! Cuaca Buruk Wilayah Magelang dan Sekitarnya di Akhir Tahun 2022

Waspadai! Cuaca Buruk Wilayah Magelang dan Sekitarnya di Akhir Tahun 2022

TUMBANG. Hujan lebat yang terjadi di Kota Magelang mengakibatkan pohon besar tumbang pada tahun 2021 lalu. foto: dok/magelang ekspres--

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis informasi sebagian wilayah Jawa Tengah akan terjadi hujan lebat disertai angin kencang. Termasuk wilayah Magelang Raya dan Jogjakarta.

Melalui akun twitter resmi @BMKG, wilayah Jawa berpotensi terjadi hujan lebat dan badai periode 25 Desember 2022-1 Januari 2023. Potensi kenaikan intensitas signifikan ini telah diwaspadai sejak 25 Desember 2022.

BMKG menyebutkan, dari hasil pantauan yang dilakukan, intensitas kenaikan curah hujan diakibatkan dinamika atmosfer, antara lain adanya peningkatan aktifitas Monsur Asia yang merangsang pertumbuhan awan hujan secara signifikan di wilayah Indonesia Barat, Tengah dan Timur.

Selanjutnya, meningkatnya intensitas Seruakan dingin Asia yang dapat memicu kecepatan angin permukaan di wilayah Indonesia bagian Barat. Disusul terjadinya pembentukan pusat tekanan rendah di pusat tekanan rendah di sekitar wilayah perairan selatan Indonesia yang berpotensi menyebabkan hujan dengan intensitas tinggi, peningkatan kecepatan angin, permukaan, serta peningkatan tinggi gelombang di sekitarnya.

Berubahnya kondisi atmosfer juga terpantau dari beberapa aktivitas gelombang atmosfer, Madden Julian Oscillation (MJO) yang terbentuk bersamaan dengan gelombang Kelvin dan Rosbby Ekuatorial.

Untuk itu, Kepala BMKG, Dwikorita mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu memantau dan siaga terhadap risiko terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, banjir bandang, angin kencang, puting beliung, dan gelombang tinggi.

“Masyarakat diminta untuk memonitor seluruh informasi perkiraan cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG,” katanya. (mg4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres