6 Tempat Wisata di Temanggung ini Menjanjikan Sunrise yang Eksotik, Ada Golden Sunrise Posong Lho!

6 Tempat Wisata di Temanggung ini Menjanjikan Sunrise yang Eksotik, Ada Golden Sunrise Posong Lho!

--

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Sejumlah tempat wisata di Temanggung menawarkan keindahan sunrise yang sangat eksotis. Paling pas menjadi agenda malam pergantian tahun 2023. Dengan panorama alam yang sangat menakjubkan, 6 tempat wisata ini menawarkan keindahan sunrise dengan latar belakang sejumlah gunung dari berbagai sudut pandang. Jangan lewatkan keindahan alam ciptaan Allah Ta'ala begitu saja. Ini sebagai salah satu cara mentataburi alam ciptaan Allah Ta'ala yang tak ada tandingannya. Sekaligus sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah Ta'ala atas segala kenikmatan yang kita rasakan. Inilah 5 tempat wisata sunrise di Temanggung yang direkomendasikan untuk liburan malam pergantian tahun 2023 :

1. Posong Kledung 

Posong yang berada di kaki Gunung Sindoro memiliki keindahan sunrise yang sangat eksotis. Bila beruntung dengan cuaca mendukung, pengunjung menikmati keindahan Golden Sunrise yang sangat memukau. Keunikan lain, pengunjung bisa melihat sunrise dengan latar belakang puncak 7 gunung, yakni Gunung Sindoro, Sumbing, Merbabu, Telomoyo, Ungaran, Muria dan Merapi. Bila cuaca cerah, sering menjadi rujukan bagi penghoby fotografi untuk mengabadikan moment tersebut. Jangan lewatkan moment ini lewat begitu saja.  Harga tiket masuk : Rp20 ribu-Rp30 ribu. Alamat : Desa Tlahap, Kecamatan Kledung, Temanggung, Jawa Tengah. 

2. Mbeteng Sata

Kehadiran destinasi wisata  baru bernama Mbeteng Sata mampu melengkapi destinasi wisata sunrise di wilayah Temanggung. Tak hanya dikenal sebagai destinasi wisata sejarah karena lokasi tersebut menjadi tempat pengungsi  dalam perang penumpasan DI/TII puluhan tahun silam. Mbenteng Suta juga memiliki keindahan sunrise yang sangat memukau. Dibangun di atas lahan seluas 35 × 30 meter persegi, wisatawan yang datang akan disuguhkan sebuah atraksi panorama keindahan alam 9 puncak gunung dari satu titik. Antara lain Gunung Sumbing, Sindoro, Merapi, Merbabu, Andong, Prau, Ungaran, Muria dan Telomoyo.

Semuanya dapat dilihat dari satu titik saja, yakni bangunan Mbeteng Sata saat cuaca cerah. Belum lagi keindahan sunrise atau matahari terbit yang memendarkan warna jingga di hamparan langit saat pagi hari. Tak puas sampai di situ, saat malam hari wisatawan juga menyaksikan kilauan cahaya termasuk pesisir laut Weleri, Kabupaten Kendal lengkap dengan cahaya-cahaya kapal yang lalu lalang maupun tengah bersandar. Yang paling menarik adalah panorama alam mulai sunrise di pagi hari, puncak-puncak gunung saat cuaca cerah, hingga kemerlap lampu kota Temanggung dan pelabuhan hingga cahaya kapal di Weleri Kendal. Jadi wisatawan bisa melihat gunung dan laut dari Mbeteng Sata. Alamat : Desa Campurejo, Kecamatan Tretep, Temanggung bisa menandingi mereka.

3. Embung Kledung

Tak hanya sekedar menawarkan keindahan alam yang sangat eksotis, Embung Kledung juga menawarkan keindahan sunrise di atas air embung yang memandarkan cahaya yang sangat memukau. Bila cuaca cerah dan mendukung, keindahan Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, dan Gunung Ungaran bisa dinikmati dari lokasi tersebut. Tentu bagi penghoby fotografi, spot-spot yang ditawarkan jangan sampai terlewatkan. Jaraknya dari pusat Kabupaten Temanggung adalah sekitar 21 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 45 menit. 

Embung Kledung buka 24 jam. Namun ada dua jenis jam buka, yakni untuk wisata biasa (non-camping) dan untuk camping. Untuk kunjungan wisata di Embung Kledung tanpa camping, maka jam bukanya adalah pukul 05.30 WIB sampai 18.00 WIB. Harga tiket masuk untuk non-camping juga berbeda dan lebih murah, yakni hanya Rp 7.000 per orang. Bagi yang ingin camping tersedia lokasi yang cukup aman dan nyaman. 

Alamat Embung Kledung adalah di Jalan Raya Parakan — Wonosobo, Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung

4. Embung Bansari

Embung yang dibangun di ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut (MDPL) persis berada di lereng Gunung Sindoro diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Embung Bansari juga menawarkan keindahan sunrise di atas air embung yang memudarkan cahaya keemasan yang sangat memukau. Dengan latar belakang sejumlah puncak gunung, sunrise terlihat begitu indah.

Embung Bansari buka 24 jam. Untuk tiket masuk di Embung Bansari sebesar Rp 5 ribu. Bagi yang ingin camping tersedia lokasi yang aman dengan tenda-tenda yang nyaman. Alamat : Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Temanggung, Jateng. 

5. Embung Tlogopucang 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres