Tuntaskan Sengketa Aset Kantor Walikota Magelang, Capaian Terbaik 2022

Tuntaskan Sengketa Aset Kantor Walikota Magelang, Capaian Terbaik 2022

REFLEKSI. Sejumlah tokoh Kota Magelang, Sekda Joko Budiyono, Ketua DPRD Budi Prayitno, Anggota DPRD Marjinugroho, dan sejumlah tokoh masyarakat memberikan pernyataan refleksi akhir tahun di Gelora Sanden, 31 Desember 2022.(foto : larasati putri/magelang e--Magelangekspres.com

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Doa bersama dan refleksi akhir tahun mewarnai perayaan malam pergantian tahun 2023 di tengah suasana Pasar Rakyat Gelora Sanden (PRGS) Kota Magelang, 31 Desember 2022.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang Joko Budiyono mengaku bangga dengan capaian kinerja Pemkot Magelang sepanjang tahun 2022. Hal yang begitu kentara adalah terselesaikannya aset Kantor Walikota Magelang yang menjadi permasalahan sejak belasan tahun silam.

"Setelah bertahun-tahun sengketa dengan TNI dan Pemkot Magelang, tahun 2022 ini Alhamdulillah bisa terselesaikan dengan baik. Ini capaian yang luar biasa dan sangat monumental, karena masalah aset Kantor Walikota baru tahun ini terselesaikan dengan kesepakatan bersama," kata Joko.

Selain penyelesaian sengketa aset tanah Kantor Walikota Magelang, di tahun 2022 ini kata Joko, juga menjadi tahun di mana masyarakat melakukan titik balik, kebangkitan di berbagai sektor akibat pandemi Covid-19.

"Di akhir tahun 2022 Presiden Jokowi resmi mencabut PPKM. Ini menandakan kita harus banyak bersyukur, Covid-19 sudah terkendali. Di sisi lain, kebangkitan ekonomi sudah di depan mata. Kita menatap tahun 2023 menjadi lebih baik dari sebelumnya," ujarnya.

Ketua DPRD Kota Magelang, Budi Prayitno menuturkan, capaian luar biasa berhasil ditorehkan Kota Magelang, karena menjadi daerah paling toleransi tingkat nasional. Hal ini diharapkan prestasi ini bisa dipertahankan dengan penuh tanggung jawab bersama. Bahkan meningkatkan prestasi ini di tahun berikutnya.

Dia juga menyoroti masalah darurat sampah. Di Kota Magelang sendiri, sebenarnya sudah memiliki sumber daya manusia (SDM) yang terlatih dalam mengelola sampah tingkat rumah tangga dan keluarga. Kampanye 3R (recycle, reuse, reduce) bukan sekadar slogan, melainkan telah menjadi aksi nyata dan kebiasaan masyarakat Kota Magelang.

"Masalah sampah ini hampir bertahun-tahun nyaris tidak pernah selesai. Tapi kita patut bersyukur karena kesadaran masyarakat untuk melakukan 3R sampah sudah begitu tinggi, tinggal bagaimana pemerintah mendukung dan mendorong secara terus-menerus," katanya.

Ditambah lagi, tahun depan Kota Magelang akan memiliki tempat pengelolaan sampah akhir (TPSA) regional bekerja sama dengan Pemkab Magelang yang diprakarsai oleh Pemprov Jawa Tengah.

"Ini poin plusnya karena tahun depan kita memiliki tempat sampah regional dan tempat sampah terpadu di Bojong. Dua tempat ini diharapkan makin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan 3R, sehingga sampah bisa direduksi, dari biasanya 60 ton per hari," paparnya.

Sementara itu, Anggota Komisi C DPRD Kota Magelang, yang turut hadir mengikuti refleksi akhir tahun di Gelora Sanden, Marjinugroho menuturkan, kompleks Gelora Sanden adalah potensi wilayah Kota Magelang yang patut dimaksimalkan manfaatnya. Selain tempat monumental, kompleks Gelora Sanden mampu diupayakan guna meningkatkan sektor pariwisata dan olahraga secara bersama-sama di Kota Magelang.

"Disporapar harus menangkap peluang ini. Di samping menjadi pusatnya olahraga di Kota Magelang, Gelora Sanden juga harus bisa menangkap peluang kawasan super prioritas (KSP) Candi Borobudur, sehingga nanti ada paket wisata Borobudur dan Sanden, termasuk pentas kesenian di sini," ungkapnya.

Dia berharap, Pemkot Magelang bisa membuat program rutin untuk mengolahragakan masyarakat di Gelora Sanden. Misalnya, membuat event olahraga setingkat nasional.

"Harapannya dengan itu, akan timbul kesejahteraan secara menyeluruh. Tidak hanya warga Sanden saja, tapi membangun mindset jika mau berolahraga, tempatnya ya di Gelora Sanden," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com