Saingi Sistem IOS 16, Samsung Percepat Sistem Android 13

Saingi Sistem IOS 16, Samsung Percepat Sistem Android 13

UPDGRADE. Samsung disusul handphone android lainnya mulai menerapkan sistem operasi Android 13 yang diluncurkan pada bulan Agustus 2022. foto : ist/magelang ekspres--

MAGELANG,MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID – Berbicara tentang kecanggihan teknologi memang tidak ada habisnya. Pasalnya dua raksasa telepon genggam, Iphone dan Samsung terus mengembangkan penyempurnaan sistem operasi pada smartphonenya. Demi menyandingi sistem Apple yang menggunakan IOS 16, Samsung kini mempercepat  upgrade software dengan Android 13.

Android 13 atau yang dikenal dengan sapaan Android Tiramisu ini resmi dirilis pada pertengahan tahun 2022 yang diumukan secara resmi oleh Google IO 2022. Software baru ini dapat di install di berbagai tipe hp Samsung mulai dari jenis flagship (kelas atas), kemudian mid-range (kelas menengah) dan entry (bawah). Namun ternyata, hp pabrikan Korea tersebut mempercepat pendistribusian software yang diprediksi selesai pada April 2023 dipercepat menjadi Maret 2023.

Menilik berbagai perubahan dari peningkatan sistem Android 12, inilah beberapa keunggulan Android 13 yang digadang-gadang bisa menyetarai hp besutan Apple Inc, Iphone.

1. Widget

Android terkenal dengan widget yang simpel dan elegan, namun kehadirkan sistem Android 13 sistem widget pada smatphone android dapat disetting hampir mirip dengan IOS 16 yang memiliki figure 3D dan kompleks.

2. Baterai

Adanya Android 13 ternyata meningkatkan sistem baterai yang tahan lama dan awet daripada sistem OS sebelumnya. Sedangkan pada IOS 16 tidak ada infomasi tambahan tentang penggunaan baterai dan manajemennya.

3. Notifikasi

Sistem IOS membekali pengguna untuk dapat mensetting notifikasi apa saja yang diizinkan muncul pada layar pengguna, tidak mau kalah sistem Andorid 13 datang mengembangkan sistem operasi mereka sehingga ada penjagaan privasi di setiap aplikasi yang ingin ditampilkan. Andorid 13 akan meminta izin secara eksplisit kepada user.

4. Keamanan  

IOS 16 memiliki fitur keaman yang cukup canggih simana pengguna dapat mengatur berbgai akses yang diberikan ke orang tertentu melalui safety check. Tidak kalah canggih Android 13, menambahkan private photo picker agar foto yang tersembunyi tidak bisa diakses secara bebas, terlebih lagi sistem ini ada memunculkan fitur izin akses agar sistem keamanan lebih terjaga.

5. Lock Screen

Pada sistem IOS, pengguna secara leluasa dapat menciptakan dan membuat lock screenya sendiri. Meskipun pada Android 13 pengguna tidak bisa meng-custom lockscreenya sendiri, ada banyak fitur yang canggih dan menarik yang dapat dimanfaatkan pengguna Andorid seperti membuka device tanpa harus membuka kunci. (mg4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres