Harga Cabai Rawit Merah di Wonosobo Masih Merajai, Jenis Cabai Lainnya Kalah

Harga Cabai Rawit Merah di Wonosobo Masih Merajai, Jenis Cabai Lainnya Kalah

CABAI. Diawal tahun 2023 sejumlah harga kebutuhan pokok masyrakat belum menunjukkan tanda-tanda turun, salah satunya aneka jenis cabai.(foto : Agus Supriyadi/Wonosobo ekspres)--Magelangekspres.com

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID- Di Awal tahun 2023 sejumlah harga kebutuhan pokok masyarakat belum menunjukkan tanda-tanda turun, salah satunya aneka jenis cabai. Kenaikan harga komoditas yang dimulai sejak akhir tahun lalu tersebut masih bertahan hingga saat ini.

Untuk harga cabai di pasaran Wonosobo  dalam minggu ini, cabai rawit merah masih menduduki peringkat tertinggi Rp65 ribu per kilogram. Sementara jenis cabai yang lain seperti cabai merah keriting masih bertahan di harga Rp40 ribu dan cabai rawit hijau Rp60 ribu.

Sekdin Disperdagkop UMKM Wonosobo, Agung Prabowo mengatakan bahwa sejumlah harga kebutuhan pokok di pasar tradisional terpantau stabil dan tidak ada kenaikan signifikan sejak akhir tahun 2022.

“Harga komoditas sayuran masih stabil, hanya komoditas cabai, diantaranya jenis cabai rawit merah, cabai rawit hijau dan cabai merah keriting, bahkan perkilogramnya ada mencapai Rp65 ribu,” ungkapnya.

Namun dalam minggu ini, diprediksikan harga tersebut mulai berangsur turun, karena pasokan bisa jadi lebih stabil setelah libur natal dan tahun baru 2023 selesai.

Meski mengalami peningkatkan harga yang cukup tinggi, namun komoditas cabai tersedia di pasaran tradisional dalam jumlah yang cukup. Dampak lain dari tingginya harga cabai, penjual membatasi stok barang dan pembeli juga membatasi jumlah konsumsi.

“Saya kira ini hukum pasarnya, harga naik konsumen biasanya akan mengurangi jumlah pembelian dan mencari barang pengganti yang lebih murah,” katanya.

Agung menambahkan, selain harga cabai, sejumlah harga kebutuhan pokok lainnya masih dalam batas wajar, seperti harga beras medium Rp10,5 ribu per kilogram, harga daging sapi masih Rp140 ribu, harga minyak goreng kemasan Rp20 ribu per liter, harga telur ayam turun tipis, Rp28 ribu dan harga bawang putih Rp28 ribu per kilogram. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com