Bupati Minta Pengadaan Barang dan Jasa Perhatikan TKDN

Bupati Minta Pengadaan Barang dan Jasa Perhatikan TKDN

Bupati Temanggung M Al Khadziq(Foto:Setyo wuwuh/temanggung ekspres)--magelang ekspres

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID – Dalam pengadaan barang dan jasa harus benar-benar diperhatikan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), sehingga bisa meningkatkan roda perekonomian dalam negeri.

Hal itu disampaikan Bupati Temanggung M Al Khadziq saat sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), yang dilaksanakan di Graha Bhumi Phala Temanggung, Kamis 16 Februari 2023.

Menurut Bupati, semua proses pengadaan barang dan jasa yang sedang dipersiapkan, mohon diperhatikan betul TKDN-nya.

“Dan ketika pelelangan juga harap perhatikan betul TKDN-nya," ujar Bupati.
Bupati menegaskan, upaya tersebut sesuai dengan amanat Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2022, penting untuk memperhatikan TKDN bagi pengadaan barang dan jasa Pemerintah Kabupaten Temanggung.

Pengadaan barang dan jasa dalam negeri akan sangat berpengaruh terhadap roda perekonomian, baik di lokal maupun secara nasional.

Apalagi lanjut Bupati, dalam situasi seperti ini kalau pemerintah bergantung pada produk-produk impor, tentu akan membuat posisi ekonomi Indonesia semakin lemah.
"Jadi kita dukung upaya pemerintah pusat memperkuat ekonomi dan upaya untuk meningkatkan industri dalam negeri, dan meningkatkan bangga mencintai produk-produk Indonesia sendiri," pesannya .

Bupati berharap, tahun ini semua pekerjaan, pengadaan barang dan jasa bisa berjalan lancar, bisa berhasil maksimal dengan mengikuti semua peraturan dan ketentuan yang ada.
"Di akhir tahun nanti semua pengadaan barang dan jasa mutunya semuanya baik, TKDN-nya baik, prosesnya berjalan dengan baik, dengan bersih, juga manfaatnya buat masyarakat bisa maksimal," harapnya.

Bupati menambahkan, semua pengadan barang jasa bisa berumur panjang, jangan hanya bagus ketika diresmikan, tetapi beberapa bulan, beberapa tahun sudah mulai rusak.

"TKDN wajib diperhatikan, namun jangan sampai lengah perhatikan juga PPK dalam mempersiapkan pekerjaan-pekerjaannya, sehingga pekerjaan yang dilaksanakan bisa tepat mutu dan tepat waktu," harapnya. (set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres