Libur Lebaran 2023, Kunjungan Wisatawan Telaga Menjer Wonosobo Tembus Seribu Pengunjung

Libur Lebaran 2023, Kunjungan Wisatawan Telaga Menjer Wonosobo Tembus Seribu Pengunjung

Sejumlah petugas kepolisian diterjunkan dalam pengamanan di Telaga Menjer-Huni Wejang-magelang ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID- Momen libur lebaran Idul Fitri 2023 banyak dimanfaatkan masyarakat untuk mengunjungi sejumlah tempat wisata bersama keluarga dan sanak saudara.

Begitu juga dengan kawasan objek wisata telaga Menjer yang terletak di Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo atau sekitar 12 km dari pusat kota, yang turut menjadi incaran wisawatan hingga mencapai seribu lebih pengunjung.

Pengelola Telaga Menjer, Ngahad mengatakan, kunjungan wisatawan pada libur lebaran 2023 sangat melonjak hingga mencapai 800-1.300 lebih pengunjung perhari.

"Mulai 2 syawal pengunjung sudah sangat melonjak. Paling ramai saat hari terakhir libur lebaran. Pengunjungnya mencapai 1.300 orang lebih," ujarnya.

BACA JUGA:Terpental dari Jembatan Sayangan Wonosobo, Pengendara Sepeda Motor Hilang Tertelan Banjir

Ngahad menambahkan, kepadatan pengunjung Telaga Menjer pada libur lebaran tahun ini sempat membuat antrean loket sebelah barat memanjang hingga mencapai jalan masuk.

Bahkan sejumlah polisi dan anggota koramil Kecamatan Garung diterjunkan untuk membantu pengamanan di objek wisata tersebut.

"Kalau di sini Alhamdulillah terkait pengamanan bisa teratasi semua. Tidak sampai ada kejadian. Ada pihak kepolisian dan koramil yang membantu keamanan. Bahkan polisi juga ada yang membawa anjing pelacak," imbuhnya.

Terkait dominasi pengunjung, Ngahad menyebut, rata-rata pengunjung berasal dari luar kota atau kabupaten seperti Jogjakarta, Semarang, Jakarta, Banjarnegara, Pekalongan, dan beberapa daerah lainnya.

Tak sedikit juga pengunjung memilih bermalam di penginapan Bukit Cinta yang menawarkan view menakjubkan dari atas Telaga Menjer.

"Didominasi pengunjung luar kota/kabupaten, tapi pengunjung asal Wonosobo juga banyak. Untuk loketnya ada dua, sebelah timur dikelola bumdes, barat pemda. Tapi kebanyakan pengunjung memilih masuk di loket barat. Fasilitasnya lebih banyak, harga tiket juga lebih murah. Pemda Rp 3 ribu, loket timur Rp 5 ribu," tutupnya. (mg3).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres