PAN Daftarkan 15 Bacaleg Perempuan ke KPU Kota Magelang

PAN Daftarkan 15 Bacaleg Perempuan ke KPU Kota Magelang

Ketua DPD PAN Kota Magelang Yudi Ismono kirim berkas pendaftaran bacaleg ke KPU Kota Magelang, 12 Mei 2023.-FOTO : HUNI WEJANG-MAGELANG EKSPRES

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Magelang telah mendaftarkan 25 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang, Jumat 12 Mei 2023.

PAN juga telah memenuhi keterwakilan perempuan untuk mengikuti kontestati politik sesuai ketetapan Undang-Undang.

PAN menjadi partai kelima yang melakukan pendaftaran ke KPU Kota Magelang.

Ketua DPD PAN Kota Magelang, Yudi Ismono mengatakan, secara komposisi dari total keseluruhan 25 bacaleg yang terdaftar, sebanyak 15 orang dari perempuan atau sekitar  60 persen.

BACA JUGA:Partai Demokrat Yakin Tambah Kursi DPRD Kota Magelang

Itu artinya sudah melebihi dari keterwakilan kader perempuan yang diamanatkan dalam ketentuan perundang-undangan.

"Total perempuan ada 15 orang, yang artinya dari 25 bacaleg, 60 persennya adalah perempuan. Dapil selatan 6 orang, dapil tengah 6 orang, dan dapil utara 3 orang perempuan," ujarnya.

Yudi menambahkan, keterlibatan 60 persen perempuan tersebut merupakan sebuah bentuk dalam rangka memfasilitasi kaum perempuan untuk terjun dalam dunia politik.

BACA JUGA:PDI Perjuangan Kota Magelang Kirim 9 Srikandi Bacaleg Perempuan

"Kami mencermati dinamika yang kita ikuti ternyata suasana di lapangan itu peran perempuan lebih banyak. Artinya, kami melihat bahwa potensi seorang perempuan itu cukup banyak punya potensi, jadi kita memberikan kesempatan itu," imbuhnya.

Selain didominasi oleh kaum perempuan, Yudi mengaku, pihaknya juga didominasi oleh anak-anak millenial sesuai dengan era digitalisasi, yang diharapkan memiliki semangat baru.

"Seleksi mulai dari kaderisasi kita ambil anak millenial dan hampir didominasi anak-anak millenial, karena kedepannya jelas dunia sekarang kita sudah berubah.

Suasana sudah berubah, dan kita mencoba untuk melihat suasana tentang era digitalisasi.

Jadi bener-bener PAN sekarang sudah berubah wajah baru dan kita punya semangat baru," jelasnya.

BACA JUGA:PDI Perjuangan Siap Rebut 13 Kursi DPRD Kota Magelang

Dengan mengusung komposisi baru, PAN berharap dapat turut serta memperjuangkan apa yang menjadi keinginan masyarakat semestinya.

"Saya melihat ada sebuah kebijakan yang di aplikasikan dalam regulasi itu belum nyambung, keinginan masyarakat tapi produk regulasinya tidak dibuatkan. Kita akan perjuangkan itu," tegasnya.

Sementara itu, terkait target perolehan suara pada Pemilu 2024, Yudi menyampaikan bahwa pihaknya hanya menargetkan 1 dapil 1 kursi atau total keseluruhan 3 kursi.

"Kami tidak muluk-muluk, karena kita tidak dapat kursi kemarin, 1 dapil 1 kursi. Tetapi kalau nanti kerja temen-temen sudah kita tayangkan dan kemudian disambut oleh masyarakat mungkin akan bisa lebih," tutupnya. (mg3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres