Tiga Kades di Purworejo Maju Nyaleg Lewat PKB

Tiga Kades di Purworejo Maju Nyaleg Lewat PKB

Foto: KETERANGAN. Ketua DPC dan Ketua Bapilu PKB Purworejo memberikan keterangan kepada awak media usai melakukan pendaftaran Bacaleg di kantor KPU Purworejo,-Eko Sutopo-MAGELANG EKSPRES

Targetkan 2 Kursi di Tiap Dapil

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendaftarkan sebanyak 45 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Kantor KPU Purworejo, Sabtu (13/5) siang. Dari sejumlah caleg yang diusung tersebut, tiga diantaranya diketahui merupakan Kepala Desa (Kades) dari wilayah Kecamatan Pituruh, Kemiri, dan Bener.

Prosesi pendaftaran diiringi kesenian sholawatan Arab atau yang kerap disebut kencrengan.

Ketua DPC PKB Purworejo, Fran Suharmaji, saat ditemui usai pendaftaran Bacaleg menyebut, PKB Purworejo telah resmi mendaftarkan 45 Bacaleg untuk bertarung dalam Pileg 2024 mendatang.

"Kuota perempuannya, kita diatas 30 persen. Targetnya kita setidaknya setiap Dapil kita 2 kursi, jadi 12 kursi lah, jangan tinggi-tinggi, kita petahana ada 5, nyaleg semua," sebutnya.

BACA JUGA:Partai Demokrat Purworejo Daftarkan 45 Bacaleg, Yophi Prabowo Tak Lagi Nyaleg

Menurutnya, Caleg dari PKB pada Pemilu kali ini berasal dari berbagai kalangan seperti ulama, kepala desa, hingga pengusaha. Dengan potensi itu, pihaknya optimistis dapat merealisaikan target.

"Ada beberapa kades, perangkat desa, tokoh masyarakat juga ada semuanya, kita dari berbagai unsur, kyai juga ada. Kades ada 3 orang, dari Kecamatan Pituruh, Kemiri, dan Bener," katanya.

Fran Suharmaji sendiri akan maju nyaleg di Dapil II (Bagelen, Purwodadi, Ngombol) pada Pileg mendatang. Di sisi lain, Fran Suharmaji juga diisukan bahwa dirinya akan maju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Purworejo. Namun saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut, pihaknya menegaskan bahwa saat ini partai masih fokus untuk memenangkan Caleg.

"Untuk Pilkada kita menunggu instruksi pusat, saat ini belum menjurus kesitu, masih fokus di Caleg," ungkapnya.

BACA JUGA:Agus Bastian Pindah ke NasDem, Ketua DPC Partai Demokrat: Etikanya Berhenti Jadi Bupati

Saat ditanya apakah istrinya juga akan maju nyaleg di Dapil II, Fran juga tidak memberikan keterangan secara gamblang.

"Nanti dilihat saja di daftar calon sementara," ujar Fran.

Ketua Bapilu PKB Purworejo, Budi Sunaryo, membenarkan bahwa istri dari Fran Suharmaji maju di Dapil yang sama dengan Dapil Fran Suharmaji. Namun, Budi mengatakan hal itu bukan merupakan strategi partai saat Fran nanti maju Pilkada, melainkan hanya untuk memenuhi kuota perempuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres