Polres Magelang Kota Terjunkan Ratusan Personel Amankan Gereja

Polres Magelang Kota Terjunkan Ratusan Personel Amankan Gereja

Polres Magelang Kota mengamankan gereja-gereja di wilayah setempat saat hari besar keagamaan, Kamis 18 Mei 2023-(FOTO : LARASATI PUTRI-MAGELANG EKSPRES)

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID Dalam kegiatan peringatan kenaikan Isa Al Masih Kamis, 18 Mei 2023, Kepolisian Resor (Polres) Magelang Kota menerjunkan 160 personel untuk melakukan pengamanan.

Seluruh gereja yang ada menjadi atensi pengamanan ratusan personel dari Polres Magelang Kota.

Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang mengatakan, pengamanan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh umat Nasrani ketika menjalankan ibadah hari besar tersebut.

“Sebanyak 160 personel yang tergabung dalam satuan tugas baik terbuka maupun tertutup kita ploting untuk melakukan pengamanan di seluruh gereja di wilayah Kota Magelang,” kata AKBP Yolanda, saat ditemui Kamis, 18 Mei 2023.

AKBP Yolanda menerangkan, pengamanan ibadah peringatan kenaikan Isa Al Masih di Kota Magelang berjalan selama dua hari.

Pada hari Rabu, 17 Mei 2023 lalu pengamanan sudah dimulai.

“Hari ini ada 28 gereja di wilayah Kota Magelang dan kita melaksanakan pengamanan di semua gereja,” tandasnya.

Tidak hanya personel kepolisian berseragam, pengamanan ini juga melibatkan tim sterilisasi yang salah satunya terdiri dari K9 Satuan Samapta.

Tim ini bertugas untuk melakukan pemeriksaan dan penyisiran gereja serta lingkungannya yang disaksikan petugas pengamanan termasuk pengurus gereja.

Setelah dipastikan gereja dan lingkungannya aman dan tidak ditemukan adanya benda yang mencurigakan, hasil itu kemudian diserahkan kepada petugas pengamanan gereja.

Kepala Bagian Operasional Kompol Totok Mugiyanto menambahkan, penempatan personel sengaja dibagi dalam beberapa satuan tugas pengamanan.

Ia menjelaskan bahwa pengamanan dipimpin perwira pengendali yaitu para Kapolsek beserta jajarannya.

“Dalam pengamanan ini tentu kami tidak sendiri. Kami turut dibantu TNI dari Kodim 0705/Magelang, petugas Satpol PP dan unsur organisasi lainnya,” ucapnya. (ras)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres