DOR 2023, Sandiaga Uno: Pulihkan Ekonomi Melalui Sport Tourism

DOR 2023, Sandiaga Uno: Pulihkan Ekonomi Melalui Sport Tourism

START. Pihak Disporapar Jateng pegang bendera start event Dieng Orienteering Race (DOR) 2023, Minggu (21/5).-mukarom mohammad/wonosobo ekspres-MAGELANG EKSPRES

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Sukses giatkan event sport tourism dengan tajuk “Dieng Orienteering Race (DOR) 2023, Collaborate Energy Above The Clouds”,  Menparekraf RI Sandiaga Uno berikan apresiasi di sesi sambutan sekaligus pembukaan acara hari ke-2 pada Minggu, 21 Mei 2023.

Melalui kegiatan tersebut, Kemenparekraf RI bocorkan jurus moncer stabilkan perekonomian masyarakat.

“Selamat dan sukses atas terselenggaranya event Dieng Orienteering Race 2023. Mari kita bangkitkan ekonomi masyarakat dengan semangat 3G: Gercep, Geber, dan Gaspol. Mari kita berwisata di Indonesia aja dan gunakan produk lokal agar parekraf pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” kata Sandiaga.

Kabid Pemasaran Pariwisata Disporapar Jateng, Setyo Irawan menilai, program kemitraan antara pemerintah dengan komunitas terkait perlu terus dibangun.

BACA JUGA:Garasi Milik Petani di Purwojati Wonosobo Terbakar, Satu Unit Mobil dan Traktor Hangus

Menurutnya, dengan berkolaborasi event yang bertujuan untuk kemajuan pariwisata dan olahraga akan jauh lebih optimal.

“Ini tentu membantu pemerintah pusat, pemerintah provinsi, atau pemerintah kabupaten/kota dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata, promosi, termasuk juga prestasi-prestasi olahraga,” ujarnya.

Kabid Pemasaran Disparbud Wonosobo, Sri Fatonah Werdiyati tegaskan akan terus berupaya lakukan kerja kolaboratif untuk tingkatkan kamajuan pariwisata di Wonosobo.

Optimis, dengan berkolaborasi bersama banyak pihak akan menuai hasil maksimal.

BACA JUGA:Pindah Partai, Gaji 2 Anggota DPRD Wonosobo Dihentikan, Berapa Sih Besarannya?

“Jelas! Kita harus berkolaborasi untuk menyelenggarakan berbagai event pariwisata. Kita tidak bisa berkerja sendiri, kita rekrut banyak komunitas untuk terlibat langsung,” tegas Sri Fatonah saat ditemui wawancara.

Kegiatan yang diselenggarakan di beberapa tempat di Dieng selama tiga hari sejak 19-21 Mei itu diikuti sebanyak 158 orang dari berbagai provinsi di Indonesia

Terdiri dari beberapa kategori yaitu orienteering estafet, fun orienteering, fun bike, dan pendakian. Diprakarsai oleh Mainoutdoor, kolaborasi bersama Pemerintah RI, Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Wonosobo, dan Pokdarwis.

Rahman Mukhlis selaku Race Director Event, beberkan besaran nominal yang dikeluarkan untuk agenda tersebut menyentuh angka sekitar Rp200 juta. Fasilitas peserta meliputi penginapan hotel, konsumsi berat dan ringan, medali finish, peta, timing system, produk sponsor, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres